Mengulas Kata Maaf

Terdapat tiga kata emas yang membuat orang lain atau kita senang apabila mendapatkannya, diantaranya : tolong, terima kasih, dan maaf. Namun, dari ketiga kata tersebut, hanya satu yang paling sulit dan berat diucapkan. Apakah itu? diantara ketiga kata tersebut, hanya kata “maaf “ yang paling sulit diucapkan dan juga diberikan. Nah, dalam kesempatan ini, kita akan lebih banyak mengulas kata maaf.

Jika mengulas kata maaf, maka ada dua hal yang menjadi titik pokok pembahasan, yakni minta maaf dan juga memaafkan.  “Minta maaf” dan “memaafkan”, keduanya adalah hal yang sama sulitnya dilakukan. Anda penasaran, apa yang menjadi alasannya? Berikut kita simak beberapa ulasan berikut ini :

  • Karena tidak pernah merasa bersalah, meskipun mereka tahu jika telah melakukan kesalahan.
  • Karena manusia memiliki ego dan harga diri yang tinggi, sehingga mereka mengira dengan meminta maaf atau memaafkan maka harga diri mereka akan jatuh.
  • Tidak adanya introspeksi diri yang menyebabkan manusia tidak mampu mendengar kebenaran hatinya.
  • Adanya mitos yang mengatakan bahwa memaafkan atau meminta maaf sama artinya dengan kalah.

Apapun alasannya, keputusan untuk “tidak meminta maaf atau tidak memaafkan” adalah salah besar karena sejatinya tidak ada manusia yang sempurna. Harga diri dan egoisme yang tinggi menjadikan manusia lupa, bahwa hidup itu harus bermanfaat tidak hanya bagi dirinya sendiri, akan tetapi juga orang lain. Dengan meminta maaf dan memaafkan, maka kita akan memperoleh banyak kentungan, diantaranya :

  • Maaf bisa melegakan hati, meringankan beban hidup. Bayangkan betapa indahnya hidup jika semua orang saling memaafkan.
  • Maaf menjadikan Anda lebih sehat, karena amarah, benci, dan dendam adalah emosi negatif yang akan menggerogoti diri Anda. Dengan melepaskannya dengan “maaf” maka semua emosi negatif akan hilang dari diri Anda.
  • Maaf akan membuat Anda mampu berpikir jernih dan objektif dalam menatap kehidupan.
  • Maaf mampu meringankan langkah kita dalam meniti kehidupan yang lebih baik lagi

Semoga artikel tentang mengulas kata maaf di atas dapat membuka hati dan pikiran semua orang yang sedang berkonflik untuk saling memaafkan dan mampu menjadikan kita sebagai pribadi-pribadi yang lebih baik lagi.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document