Menghadapi Tetangga Yang Suka Iri

Sebagai makhluk sosial, tentunya kita selalu membutuhkan orang lain, salah satunya adalah tetangga. Dalam hidup bertetangga, banyak etika yang harus dijalankan agar hubungan bisa berjalan lancar. Namun dalam prosesnya, hubungan yang terjalin terkadang menimbulkan masalah yang tidak mengenakkan, diantara keduanya. Beberapa masalah yang sering muncul  dan menyebabkan retaknya hubungan dengan tetangga adalah : sifat egois, suka menggunjing, dan iri hati, dan lain-lain.  Dalam hal ini, kita akan membahas tentang masalah tetangga yang suka iri dan juga cara menghadapi tetangga yang suka iri terhadap kita.

Siapapun orangnya, pasti akan merasa senang dan bahagia apabila Tuhan memberikan karunia-Nya kepada kita berupa kelebihan. Namun, hal itu seringkali menjadi boomerang buat diri kita sendiri, pasalnya orang-orang disekitar kita seperti tetangga, kadang tidak lantas ikut senang melihat kelebihan kita. Ketidaksukaan yang mengantarkan tetangga pada sifat iri tersebut, membuat mereka tega melakukan berbagai cara untuk menjatuhkan atau menyakiti perasaan kita. Menghadapi tetangga yang suka iri terkadang membuat kita serba salah, dilawan hanya akan memperkeruh suasana, dibiarkan kok semakin menjadi. Lalu, apa yang harus kita lakukan?

Agar kita bisa sukses menghadapi tetangga yang suka iri, simak beberapa tips berikut ini :

  1. Berusaha utuk menjaga sikap dan perkataan
    Sebagai manusia biasa, pastinya kita tidak akan pernah bisa luput dari kesalahan. Bisa jadi sikap atau perilaku kita yang memicu rasa iri pada diri tetangga. Untuk itu, introspeksi atau koreksi diri kita adalah jauh lebih bijaksana daripada harus membalas mereka dengan kejahatan yang sama.
  2. Berusaha untuk tetap sabar dan menahan emosi
    Kejahatan tidak harus dibalas dengan kejahatan yang sama. Kata pepatah tersebut sangat cocok untuk mengahadapi tetangga yang tidak baik. Menghadapi sikap tetangga yang tidak menyenangkan tentunya akan membuat emosi memuncak, namun kita harus tetap sabar dan bisa menahan diri.
  3. Bicarakan dengan baik-baik
    Jika Anda sudah tidak tahan dengan perlakuan buruk tetangga, tidak ada salahnya jika Anda menemuinya untuk berbicara dari hati ke hati, tanyakanlah kepada mereka apa yang memicu rasa iri dan benci kepada Anda. Dan, Anda jangan lupa untuk minta maaf  jika ada sikap atau perkataan yang membuat mereka merasa iri atau tidak senang pada Anda.
  4. Berdoalah agar Tuhan memberikan yang terbaik
    Jika semua tips di atas sudah dilakukan dan tidak berhasil, maka langkah yang wajib dilakukan adalah berdoa dan memasrahkan semua permasalahan hidup kepada Tuhan. Berdoalah agar tetangga Anda dibukakan pintu hatinya agar bisa menyadari kesalahannya terhadap diri Anda.

Jadi, tetaplah bersemangat dan semoga tips diatas bermanfaat!

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document