Mengenal Scrapbooking, Seni Unik Dan Kreatif

Terkadang membingungkan saat memilih kado untuk saudara atau teman. Kado buatan sendiri memang lebih berkesan jika dibandingkan dengan membeli. Untuk membuat karya sendiri yang terkesan unik, tidak harus memiliki keahlian khusus .

Dengan koleksi foto-foto yang dimiliki dan bahan-bahan bekas, bisa membuat scrapbooking yang unik dan kreatif.

Istilah scrapbooking adalah seni menciptakan suatu karya dengan foto-foto, ornament-ornamen dan kata-kata kreatif sehingga menjadi sebuah karya kerajinan tangan.

Scrapbooking sebenarnya dulu pernah menjadi salah satu pelajaran di sekolah yang bisa dicoba oleh siswa dalam menghias buku dengan memanfaatkan bahan-bahan bekas.

Namun seiring perkembangannya, scrapbooking ini sudah menjadi hobi oleh beberapa pecinta seni menghias dengan foto dan berbagai ornamen ini.

Langkah-langkah membuat scrapbooking yang unik

  • Langkah pertama tentunya menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Berbagai bahan jadi sudah tersedia sehingga lebih memudahkan dan praktis, namun tidak mengurangi kreatifitas. Kumpulkan foto-foto, ornament-ornamen hiasan dan kata-kata yang akan dipasang.
  • Langkah kedua, tentukan tema dan ide yang akan disampaikan dalam scrapbooking yang akan dibuat. Misalnya ingin membuat scrapbooking bertema ulang tahun anak, maka bisa disiapkan foto si anak dan si anak beserta orangtua yang akan menjadi center dalam scrapbooking tersebut.
  • Langkah ketiga adalah memilih judul dan kata-kata (bisa kalimat atau paragraph) yang menjelaskan tema yang sudah dipilih dari foto tersebut.  Pemilihan jenis dan ukuran huruf tergantung kreatifitas, bisa menggunting huruf dari majalah, membuat huruf sendiri atau bisa membeli potongan huruf yang sudah jadi. Agar terlihat rapi dan bagus, perhatikan posisi judul dan kata-kata sebaiknya disesuaikan dengan proporsi foto atau gambar. Disinilah kreatifitas sesungguhnya terlihat. Semakin kreatif, maka scrapbooking yang dihasilkan, komposisinya akan terlihat seimbang.
  • Langkah keempat adalah menyiapkan alas atau background. Pilih kertas yang cukup tebal. Alas ini digunakan untuk menempelkan semua foto, bisa menggunakan kertas warna-warni misalnya kertas kado atau jenis kertas bertekstur. Perhatikan padu padan warna sehingga dapat menciptakan komposisi yang pas dan harmonis. Pemilihan warna dan motif merupakan cara paling tepat untuk menghasilkan efek tertentu karena setiap jenis warna dan motif dapat menciptakan respons psikologis yang berbeda, sesuai dengan scrapbooking yang akan diciptakan.
  • Langkah kelima yang merupakan langkah terakhir, setelah bagian utama scrapbooking siap, bisa ditambahkan ornament pendukung seperti pita warna-warni, bunga-bunga kering, kancing, gambar-gambar dan lain-lain yang sesuai dengan tema. Ornament-ornamen tersebut bisa juga dibuat sendiri atau membeli jadi.

Hal yang penting juga adalah alat-alat yang digunakan seperti gunting, lem, pinset, bingkai, dll juga diperlukan dalam pembuatan scrapbooking ini, sehingga sebaiknya disiapkan dari awal.

Demikian langkah-langkah membuat scrapbooking sebagai karya yang unik dan kreatif. Selamat mencoba!

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document