Mengenal Gangguan Bipolar

Bipolar adalah suatu penyakit gangguan kejiwaan (psikologi), yaitu di mana seseorang mudah mengalami perubahan alam perasaan, dari keadaan gembira menjadi sedih atau sebaliknya. Umumnya orang menyebutnya sebagai ketidakstabilan mood. Gangguan ini bersifat kronis dan bisa berlangsung seumur hidup, jika tidak segera ditangani secara insentif. Harus dicari apa penyebab gangguan ini muncul secara tiba-tiba. Biasanya awalnya si penderita mengalami suatu masalah. Baik itu dalam lingkungan pekerjaan, keluarga, atau masalah percintaan. Dari sekian masalah yang dihadapi inilah biasanya ada salah satu yang sangat mempengaruhi kondisi kejiwaan. Mari kita mengenal lebih jauh tentang gangguan bipolar tersebut.

Keadaan mood pada gangguan ini disebut episode, terdiri dari 5 macam yakni depresi, campuran, eutimia (normal), manik, dan hipomanik.

Episode depresi ini ditandai mood yang sangat menurun. Pesimis, rasa tidak percaya diri dan bahkan kecenderungan ingin melakukan bunuh diri.  Penderita juga akan kehilangan minat melakukan aktivitas yang biasanya menjadi sumber kesenangannya. Episode manik adalah dimana suasana hati meningkat secara klinis,  mudah marah, mudah tersinggung dan berbagai puncak emosional lainnya,  jika ringan disebut hipomanik . Penderita yang melalui episode depresi akan mengalami episode manik, dimana kedua episode manik / hipomanik dan depresi datang secara bersamaan, ini disebut sebagai episode campuran. Diantara episode depresi dan manik, penderita berada dalam masa eutimia (normal).  Dimana penderita menjalani aktifitas sehari-hari secara normal dan tidak mengalami gangguan.

Waspadai jika tampak gejala seperti ini: perasaan gembira berlebihan, cepat marah, kepercayaan diri tinggi, konsentrasi mudah beralih, dan pikiran berlomba. Seringkali gejala tersebut tidak terdeteksi. Dan jika muncul tanda-tanda yang mengarah depresi segeralah melakukan kegiatan-kegiatan kecil yang berguna. Atau bisa juga melakukan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan atau refreshing, seperti jalan-jalan bersama teman-teman.  Karena orang yang mengalami gangguan bipolar ini juga membutuhkan perhatian dan tempat untuk berbagi hati (curhat), maka  berikanlah rasa nyaman dan ruang bagi mereka untuk didengar dan dimengerti.

Ingat, gangguan bipolar  bukan saja terjadi pada orang di sekeliling kita , bisa jadi gangguan ini menimpa pada diri kita.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document