Memilih Pendidikan Anak Usia Dini

Seiring dengan perkembangan dan persaingan ekonomi yang makin pesat dewasa ini, ternyata memberikan pengaruh atau dampak yang besar bagi tumbuh kembang anak. Merupakan hal yang biasa ditemui pada saat ini ketika anak usia dini sudah mulai menempuh pendidikan dikarenakan aktifitas bekerja kedua orangtuanya. Pendidikan anak usia dini ini dimaksudkan untuk memberikan stimulasi yang tepat pada tahapan golden period tumbuh kembang anak, karena kedua orangtua tidak sempat memberikan stimulasi yang tepat. Namun demikian, tidak mudah memilih pendidikan anak usia dini yang tepat. Diperlukan beberapa tips dan triks singkat memilih pendidikan anak yang tepat.

Tips dan triks

Berikut ini akan disampaikan beberapa tips dan triks memilih pendidikan anak usia dini sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Aktifitas fisik. Pilih jenis sekolah yang memiliki program aktifitas fisik yang berguna untuk melatih koordinasi anggota gerak motorik kasar. Beberapa jenis kegiatan yang dapat digunakan untuk melatih koordinasi anggota gerak motorik kasar antara lain lompat jauh, lompat tinggi, lari dan lempar.
  • Sosialisasi. Pilih jenis sekolah yang dapat mengembangkan sikap sosialisasi anak yang bisa dilakukan dengan cara belajar bergaul dengan teman-teman sebaya sesuai dengan etika moral yang berlaku di masyarakat.
  • Kreatifitas. Pilih jenis sekolah yang mampu mengembangkan kreatifitas yang dimiliki anak, antara lain dengan kegiatan perlombaan menggambar, mewarna ataupun pengenalan huruf dan angka.
  • Menyenangkan. Idealnya pendidikan anak usia dini harus berpedoman pada prinsip dasar tumbuh kembang kecerdasan otak anak yaitu melalui tindakan yang menyenangkan. Salah satu tindakan menyenangkan sekaligus pembelajaran bagi anak adalah dengan cara bermain.
  • Kognitif dan mtorik halus. Pendidikan anak usia dini juga harus dapat digunakan untuk melatih kecerdasan kognitif dan motorik halus anak antara lain dengan memberikan dasar-dasar keterampilan membaca, menulis, dan berhitung.
  • Karakter. Pilih jenis sekolah yang memiliki kurikulum pembentukan dan pelatihan karakter positif anak agar tumbuh kembang anak makin optimal.

Demikianlah beberapa tips dan triks memilih pendidikan anak usia dini yang tepat. Bagaimanapun juga pendidikan usia dini merupakan salah satu fase pendidikan yang lebih terfokus pada psikomotor anak serta penanaman akhlaq dan sikap hidup anak. Ada baiknya jika kedua orangtua juga ikut terlibat di dalamnya. Semoga bermanfaat.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document