Melahirkan Tanpa Rasa Sakit dengan Metode ILA

Intrathecal Labor Anelgesia atau populer dengan sebutan ILA merupakan angina segar bagi Ibu hamil yang mengkhawatirkan rasa sakit saat persalinan nanti. Metode ILA adalah salah satu teknik untuk mengurangi rasa nyeri saat melahirkan, yaitu dengan cara menyuntikkan obat berbentuk cairan penghilang rasa sakit di bagian tulang belakang bagian bawah. Cairan ILA hanya bekerja pada syaraf saja sehingga aman untuk Ibu hamil dan janinnya.

Di Amerika Serikat, metode ILA sudah dikembangkan sejak awal tahun 1990 dan mulai berkembang di beberapa negara lain, termasuk Indonesia. Melahirkan tanpa rasa sakit dengan metode ILA menjadi salah satu pilihan Ibu hamil saat persalinannya. Karena biasanya, tidak banyak orang yang bisa menahan nyeri yang hebat saat persalinan. Metode ILA harus dilakukan dengan dokter anestesi didampingi dokter obgyn Anda. Pemberian cairan ILA dilakukan pada pembukaan tahap 3 atau 4, dimana saat itu rahim sudah mulai berkontraksi dengan intens dan rasa nyeri juga meningkat.

Metode ILA sama sekali tidak akan membuat Ibu hamil mengalami penurunan kesadaran, justru Anda bisa lebih rileks dan fokus menghadapi persalinan karena berkurangnya rasa nyeri. Metode ILA juga tidak mengurangi kemampuan Anda saat mengejan. Efek cairan ILA akan menghilang kurang dari 12 jam. Biasanya persalinan normal sudah terjadi sebelum cairan obat ILA hilang.

Melahirkan tanpa rasa sakit dengan metode ILA bukan berarti tanpa disertai dengan resiko karena apapun metode persalinan yang Anda gunakan, tentu disertai resiko. Hanya saja besar kecilnya resiko sesuai dengan metode yang Anda gunakan. Efek samping dari metode ILA adalah timbulnya gatal-gatal pada kulit, rasa mual, muntah dan penurunan tekanan darah. Dokter akan membantu meringankan efek samping ini dengan obat-obatan.

Melahirkan dengan metode ILA ini bukan berarti Anda tidak merasakan nyeri sama sekali lho. Anda tetap akan merasakan rasa nyeri, hanya saja tidak sehebat yang tidak menggunakan penghilang rasa nyeri. Selain itu, Anda akan merasakan kesemutan dan lemah pada tungkai setelah cairan obat ILA disuntikkan pada bagian tulang bawah Anda. Untuk itu, bagi Anda yang tertarik untuk melahirkan tanpa rasa sakit dengan metode ILA ini harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis kandungan dan spesialis anestesi.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document