Makanan Penyebab Keputihan

Perkembangan zaman dan perkembangan pola pergaulan dalam era modern ini berakibat pula pada perubahan pola makan dan cenderung kurang memperhatikan kecukupan asupan nutrisi harian. Makanan instan dan siap saji yang secara notabene rendah kandungan nutrisi namun tiggi lemak justru menjadi tren pola makan yang normal dilakukan. Asupan makanan yang tidak memperdulikan keseimbangan pemenuhan nutrisi harian juga berpotensi menyebabkan ketidak seimbangan hormonal dalam tubuh. Perlu diketahui ada beberapa makanan yang dapat menyebabkan terjadinya keputihan pada wanita. Sebaiknya wanita menghindari makanan penyebab keputihan untuk memperkecil kemungkinan terjadinya keputihan.

Apa saja macam penyebabnya?

Serangkaian informasi yang diolah dari berbagai sumber ini mungkin bisa dijadikan acuan tentang berbagai jenis makanan penyebab keputihan, yaitu:

  1. Nanas. Nanas memiliki kandungan senyawa yang dipercaya dapat memicu timbulnya keputihan yang lebih banyak dan lebih parah.
  2. Asinan. Makanan yang cenderung terlalu asin akan menyebabkan tubuh memproduksi hormon yang memicu timbulnya dehidrasi. Dehidrasi yang ditimbulkan akan menyebabkan konsumsi minuman yang berlebih dibanding dalam kondisi normal. Asupan minuman yang terlalu berlebih menyebabkan keseimbangan kimiawi dalam tubuh terganggu, sehingga beberapa hormon akan bereaksi dengan cara memperbesar produksi kelenjar. Kelenjar hormon yang memproduksi beberapa jenis enzim bisa saja memicu terjadinya keputihan sebagai reaksi perubahan hormonal tubuh.
  3. Pedas. Menurut penelitian rasa pedas dapat memicu produksi hormon yang dapat mempengaruhi keseimbangan hormonal dalam tubuh. ketidak seimbangan hormonal tubuh dapat memicu terjadinya keputihan.
  4. Memiliki kandungan gas. Beberapa jenis buah dan sayur seperti durian dan kubis memproduksi gas hidrogen yang dapat menggangu keseimbangan hormonal. Ketidakseimbangan hormonal secara langsung juga mempengaruhi kondisi keasaman vagina.
  5. Berfermentasi. Beberapa jenis tape dan keju yang merupakan hasil pengolahan bakteri dipercaya dapat memicu terjadinya keputihan. Makanan jenis ini akan memicu ketidakseimbangan deraja keasaman pada vagina sehingga dapat memicu terjadinya keputihan.

Serangkaian makanan penyebab keputihan di atas sebaiknya segera di hindari konsumsinya sebagai salah satu tindakan pencegahan. Bagaimanapun juga tindakan pencegahan lebih baik daripada mengobati. Semoga bermanfaat.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document