Makanan Ibu Menyusui Agar Bayi Cerdas

Menyusui adalah sebuah momen yang berharga bagi ibu dan juga bayi. Banyak manfaat yang dapat diperoleh dari kegiatan menyusui ini. Selain semakin mempererat tali kasih antara ibu dan bayi, bayi dapat memperoleh nutrisi yang terbaik dari ASI. Untuk itu, ibu harus mengkonsumsi makanan yang dapat mendukung nutrisi untuk bayi. Ibu harus mengetahui apa saja makanan ibu menyusui agar bayi cerdas.

Ada beberapa jenis makanan ibu menyusui agar bayi cerdas. Di antaranya adalah:

  1. Aneka sayuran
    Sayuran mengandung banyak vitamin dan mineral. Nutrisi inilah yang sangat dibutuhkan bayi dalam masa pertumbuhan terutama untuk perkembangan otak. Ada beberapa jenis sayuran yang dipercaya dapat meningkatkan kecerdasan otak si bayi seperti brokoli. Brokoli memiliki kandungan asam folat yang dapat mencerdaskan otak bayi. Ibu sangat disarankan untuk banyak mengkonsumsi brokoli saat menyusui. Walau demikian, bukan hanya brokoli, berbagai sayuran berwarna hijau lainnya juga sangat bermanfaat.
  2. Makanan laut
    Makanan laut memang telah lama dipercaya mengandung banyak zat yang dapat meningkatkan kecerdasan otak. Sebut saja aneka jenis ikan, udang dan juga kepiting. Ada beberapa jenis ikan yang memang memiliki kandungan paling tinggi untuk mencerdaskan otak bayi. Salah satunya adalah ikan salmon. Ikan salmon mengandung zat yang disebut DHA. DHA sangat berperan dalam menentukan perkembangan sistem saraf yang ada di otak bayi. Namun, dalam pengolahan makanan laut ini sebaiknya harus Anda cermati, salah satunya adalah tingkat kematangannya. Karena jika kurang matang, bukannya bermanfaat, sebaliknya justru akan membahayakan. Selain dikonsumsi sang ibu, jika si bayi sudah cukup umur untuk makan maka memberikan makanan laut sebagai tambahan makanannya akan membuat bayi Anda sehat dan pintar.
  3. Buah
    Aneka macam buah mengandung macam-macam vitamin yang diperlukan untuk pertumbuhan bayi misalnya vitamin A, B, C, dan K. Jenis vitamin ini sangat berperan untuk membentuk kekebalan tubuh bayi sehingga tak mudah sakit. Saat ini banyak disarankan untuk mengkonsumsi aneka buah berry seperti blueberry, blackberry, dan strawberry yang banyak mengandung antioksidan serta tinggi kandungan seratnya.
  4. Susu
    Mengonsumsi susu sangat baik untuk asupan kalsium bagi ibu dan juga bayi. Tulang si bayi akan tumbuh dengan kuat dan kokoh. Susu yang kandungan gizinya baik adalah susu kedelai. Susu sapi pun tetap dapat diminum ibu di kala menyusui. Ibu menyusui jangan takut gemuk karena meminum susu, pastikan Anda lebih peduli pada bayi Anda dibandingkan mengkhawatirkan fisik Anda.

Makanan ibu menyusui agar bayi cerdas perlu dikonsumsi ibu untuk memaksimalkan potensi otak bayi. Semoga dapat menciptakan anak yang cerdas!

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document