Macam-Macam Imunisasi Pada Bayi

Ada banyak sekali macam-macam imunisasi pada bayi. Bayi yang baru lahir ke dunia ini diharapkan untuk mendapatkan sebuah vaksin imunisasi agar mendapatkan sebuah kekebalan terhadap berbagai virus penyakit yang ada. Meskipun ada pro dan kontra dalam penggunaan imunisasi tetapi semua pihak memiliki tujuan yang sama yakni keselamatan si buah hati terhadap macam-macam penyakit yang mematikan.

Kedua belah pihak yakni yang pro terhadap imunisasi memiliki sebuah keyakinan bahwa dengan imunisasi akan membuat bayi lebih aman dari gangguan kesehatan. Sedangkan pihak yang kontra terhadap imunisasi malah berpikir sebaliknya. Namun artikel ini tidak akan membahas mengenai pro dan kontra terhadap imunisasi melainkan banyaknya imunisasi yang diterapkan di negara ini untuk diberikan kepada bayi yang baru lahir.

Berikut ini adalah macam-macam imunisasi pada bayi.

  1. Imunisasi BCG
    Imunisasi BCG diberikan kepada anak yang masih berusia kurang dari 2 bulan. Tujuan dari adanya imunisasi ini adalah untuk melindungi anak dari serangan penyakit TBC yang disebabkan oleh bakteri bacillus calmette guerrin. Caranya adalah dengan melemahkan bateri tersebut kemudian dimasukkan ke dalam tubuh anak.
  2. Imunisasi DPT/DT
    Imunisasi DPT/DT diberikan kepada bayi usia 2 bulan, 4 bulan, 6 bulan, 18 bulan dan usia 5 tahun. Tujuan dari pemberian imunisasi DPT ini adalah untuk mencegah terjadinya infeksi tenggorokkan, batuk rejan, dan tetanus. Tentu saja pemberiaannya dengan melemahkan bakteri difteri, tetanus, dan pertusis yang kemudian dimasukkan ke dalam tubuh.
  3. Imunisasi Polio
    Imunisasi polio bertujuan untuk menghindarkan anak dari penyakit polio atau lumpuh layuh yang menyebabkan adanya rasa nyeri pada otot dan juga bisa menyebabkan kematian. Diberikan pada bayi usia 1 bulan, 2 bulan, 4 bulan, 6 bulan, 18 bulan dan usia 5 tahun.
  4. Imunisasi Measles
    Imunisasi measles atau campak bertujuan menjauhkan anak dari bahaya campak. Imunisasi yang satu ini memberikan efek samping bagi anak yang diberikan imunisasi yaitu berupa demam, diare, dan ruam pada permukaan kulit. Diberikan pada bayi usia 9 bulan dan usia 6 tahun
  5. Imunisasi Hepatitis B
    Imunisasi hepatitis b bertujuan untuk melindungi anak dari bahaya penyakit kanker hati yang mematikan. Diberikan 3 kali pada saat bayi baru lahir, dilanjutkan usia 1 bulan dan 3 bulan.

Itulah macam-macam imunisasi pada bayi yang wajib diberikan demi mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan. Terlepas dari adanya pro dan kontra imunisasi, yang terpenting adalah keselamatan dan perkembangan si buah hati yang kelak akan meneruskan kepemimpinan bangsa ini.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document