Kiat Berkendara Aman, Nyaman Dan Selamat

Saat ini banyak sekali jenis kendaraan yang melintas di jalan raya. Apalagi di ibukota, jalan raya tidak pernah sepi dari kendaraan. Dari kendaraan roda dua sampai dengan kendaraan besar yang membawa banyak muatan.

Dengan kondisi tersebut, maka tingkat terjadinya kecelakaan di jalan raya semakin tinggi. Sering dijumpai kondisi kecelakaan dengan kaca berkeping-keping, motor atau mobil yang rusak, dan tentu saja korban yang banyak mengalami luka-luka.

Walaupun sudah banyak kendaraan yang dilengkapi dengan teknologi yang dapat mengantisipasi kecelakaan, misalnya airbag yang dipasang di mobil, namun teknologi tersebut bukan jaminan total atas keselamatan pengendara. Karena salah satu faktor penting berkendara adalah sikap pengendara itu sendiri, sehingga dapat mengantisipasi kecelakaan.

Dibawah ini disampaikan beberapa tips yang bisa dilakukan, untuk mengantisipasi kecelakaan dalam berkendara:

  • Menepilah dan segera hentikan kendaraan jika rasa kantuk melanda. Beristirahatlah sejenak sampai kondisi badan sudah sanggup untuk melanjutkan perjalanan.
  • Gunakan selalu seatbelt untuk menjaga keamanan mengendara.
  • Saat berkendara dibawah guyuran hujan yang cukup deras, selalu jaga jarak dengan kendaraan di depannya, sehingga mengantisipasi tabrakan jika kendaraan didepan tersebut mengerem mendadak.
  • Lebih baik mengalah jika ada pengendara yang bersikap kurang baik, misalnya tiba-tiba menyalip dari kanan atau kiri kendaraan.
  • Jangan lepaskan pandangan ke arah lain selain jalan. Hindari menjawab telepon, membaca sms atau membaca peta saat menyetir. Lebih baik menepi terlebih dahulu.
  • Pastikan jendela sudah ter-lock sehingga tidak dapat dibuka oleh anak-anak.
  • Selalu kunci kendaraan saat meninggalkan kendaraan tersebut.
  • Jangan pernah meninggalkan anak sendirian dalam kendaraan.
  • Lebih diperhatikan untuk daerah-daerah seperti pertigaan atau perempatan. Karena banyak hal-hal yang terjadi di lampu merah, misalnya ada yang menyebarang jalan dengan menerobos lampu merah. Banyak juga pedagang-pedagang yang berseliweran di lampu merah yang dapat menggangu konsentrasi berkendara.
  • Manfaatkan kaca spion, karena dengan kaca spion bisa mengetahui kendaraan lain di belakang dan mengetahui pergerakannya di belakang kita.
  • Di daerah padat lalu lintas, tingkatkan kewaspadaan, karena biasanya banyak kendaraan umum yang kurang teratur.

Dengan menjalankan step-step diatas, maka diharapkan bisa lebih waspada dan mengantisipasi kecelakaan yang semakin banyak terjadi saat ini.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document