Khasiat Daun Pandan untuk Kesehatan

Di Indonesia, daun pandan identik dengan pandan wangi dan tanaman daun pandan wangi biasanya mudah dijumpai pada pekarangan sekitar rumah ataupun didaerah lapangan luas yang teduh dan lembab. Walaupun kenyataannya banyak sekali jenis daun pandan yang ada di Indonesia dan kegunaannyapun berlainan sesuai dengan jenisnya, masyarakat sering mengasumsikan daun pandan dengan daun pandan wangi saja. Ada berbagai jenis dan manfaat daun pandan, yaitu bisa digunakan sebagai pewarna makanan, kerajinan, kesehatan ataupun sebagai bahan penghias rumah ataupun dekorasi pesta. Kali ini akan coba dibahas khasiat daun pandan untuk kesehatan.

Khasiat Daun Pandan untuk Kesehatan, Apa Saja?

Menurut penelitian yang baru saja dilakukan dan dipublikasikan kepada media, ternyata khasiat daun pandan untuk menjaga kesehatan sangat banyak, mulai dari kesehatan rambut dan kulit, psikologis hingga kesehatan badan. Beberapa khasiat daun pandan untuk kesehatan diantaranya adalah:

  • Obat penenang. Aroma harum dan wangi pada daun pandan wangi bisa digunakan sebagai aromatheraphy untuk menenangkan sel-sel syaraf setelah beraktifitas seharian.
  • Menghilangkan ketombe dan menghitamkan rambut. Pemakaian daun pandan wangi atau pandan suji untuk penghilang ketombe atau penghitam rambut dengan cara menumbuk hingga halus daun pandan kemudian digunakan sebagai masker kulit kepala.
  • Penambah nafsu makan. Daun pandan wangi yang telah diseduh dengan air mendidih kemudian diminum selagi hangat. Aroma dan kesegaran daun pandan wangi akan mampu meningkatkan nafsu makan.
  • Rematik dan pegal linu. Buah merah yang berasal dari pandan kaku yang terdapat pada daerah Papua, ternyata bisa digunakan untuk mengatasi rematik dan pegal linu, serta meningkatkan kesehatan dan vitalitas.
  • Menurunkan tekanan darah tinggi. Aroma wangi yang dikeluarkan daun pandan wangi apabila digunakan sebagai aroma theraphy akan membuat sel-sel syaraf yang tegang menjadi relaks dan akibatnya penyakit tekanan darah tinggi bisa dicegah.

Menyadari begitu banyaknya khasiat daun pandan wangi, pandan suji ataupun pandan kaku untuk kesehatan, ada baiknya jika disekitar perkarangan rumah mulai ditanami dengan daun pandan. Siapa tahu suatu saat diperlukan dan tidak perlu repot mencarinya.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document