Kebun Teh Hijau Sebagai Sarana Liburan

Berlibur murah namun kaya manfaat, dimana lagi kalau bukan di kebun teh. Kebun teh, memang layak untuk dikunjungi, terutama dengan keluarga. Kebun teh adalah area luas yang ditanami dengan tanaman teh. Kebun teh terlihat seperti hamparan hijau yang begitu memukau dan menyejukkan mata.  Biasanya terlihat juga pegunungan yang indah menjulang yang menyambung keindahan ini sehingga bisa tampak begitu memukau. Ada banyak kebun teh di Indonesia yang juga digunakan sebagai tempat berlibur. Beberapa contoh diantaranya adalah:

  1. Kebun teh wonosari. Kebun teh ini terletak di Malang, Jawa Timur. Perkebunan ini terletak pada ketinggian antara 950 hingga 1250 meter diatas permukaan laut.
  2. Kebun teh Ciwidey. Perkebunan yang dibangun sejak tahun 1870 ini terletak di kota Bandung, Jawa Barat. Di perkebunan ini wisatawan dapat menikmati liburan dengan melihat langsung proses pembuatan teh, mulai dari penanaman hingga pengolahan teh.
  3. Kebun teh puncak Bogor. Kebun teh ini juga dikenal dengan sebutan perkebunan teh Gunung Mas. Wisatawan bisa menikmati pemandangan yang terhampar di sepanjang jalan yang berlikuk-likuk. Ada juga para wanita dengan pakaian tradisional mereka yang sedang memetik teh, yang bisa dijadikan obyek foto yang memikat. Jika ingin lebih mengeksplor diri, wisatawan bisa menaiki kuda dan berjalan-jalan di tengah-tengah kebuh teh.
  4. Kebun teh Brebes. Kebun teh ini disebut dengan kebun teh Kaligua dan terdapat di desa Pandansari yang ada di kawasan Jawa Tengah. Produk utama dari perkebunan teh ini adalah teh hitam.
  5. Kebun teh Wonosobo. Kebun teh ini juga terdapat di Jawa Tengah dengan luas 829,14 h. Para wisatawan dapat menikmati perjalanan berkeliling di sepanjang perkebunan atau yang dikenal dengan sebutan tea walk dan menikmati hamparan hijau dan udara sejuk di sekitarnya.

Lalu, apa saja manfaat berlibur di kebun teh?

  • Merileksasi otak. Pemandangan yang terdapat di perkebunan teh sangat memukau, dan alami tentunya. Suasana pegunungan di kebun teh akan dapat menenangkan otak sehingga bisa mengurangi stress akibat pekerjaan dan rutinitas sehari-hari, sehingga bagus dilakukan setidaknya sebulan sekali.
  • Terapi mata. Warna hijau sangat bagus untuk terapi mata. Warna hijau memberi efek menenangkan saraf-saraf mata.
  • Baik untuk paru-paru. Udara yang ada di perkebunan teh sangat sejuk dan bersih. Ini sangat membantu paru-paru untuk mendapatkan udara bersih supaya dapat bekerja dengan lebih baik.
  • Cocok untuk liburan anak-anak. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan saat berlibur di perkebunan teh, sangat bagus untuk memberikan pengetahuan baru bagi anak-anak, seperti memperlihatkan pada mereka proses menanam, pembibitan, cara memelihara,  memetik, dan mengolah teh.
Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document