Kapan ASI Mulai Keluar?

Kehamilan menyebabkan banyak perubahan dalam diri wanita terutama pada bagian payudara. Awal kehamilan payudara akan sakit atau perih lalu mulai membesar dengan bertambahnya usia kehamilan. Ini disebabkan oleh kelenjar ASI mulai aktif memproduksi ASI untuk persiapan kelahiran bayi.

Sebagian besar wanita hamil mengalami keluar cairan dari puting payudara saat memasuki akhir masa kehamilan. Tapi ada juga yang tidak mengalami masa ini. Cairan yang keluar itu disebut sebagai Colostrum. Colostrum mengandung antibodi yang tinggi sehingga berfungsi sebagai imunisasi alami bagi bayi, selain itu colostrum juga melindungi dinding usus bayi dengan cara melapisi dinding usus yang belum terbentuk dengan sempurna.

Kejadian keluarnya colostum ini membuat wanita hamil bertanya-tanya kapan ASI mulai diproduksi? Saat kehamilan memasuki usia 16 minggu sudah terjadi keluarnya coloctrum yang cair seperti minyak dan berwarna putih bening/kekuningan serta lengket. Ada dua hormon yang mempengaruhi produksi ASI yaitu Hormon Prolaktin dan Hormon Oksitosin.

Hormon Prolaktin  sudah aktif memproduksi ASI sejak trimester kedua atau minggu ke 16 kehamilan, hormon ini memastikan ASI tersedia saat bayi dilahirkan sampai selesai menyusui (2 tahun atau lebih). Tidak disarankan untuk memerah payudara saat didapati sudah keluar colostrum karena bisa merangsang kontraksi kalau daerah payudara terstimulasi. Jangan kuatir juga kalau Colostrum ini akan habis dan bayi tidak mendapatkannya karena sampai hari ketiga setelah melahirkan colostrum ini masih ada. Karena itu segera lakukan Inisiasi Menyusu Dini segera setelah kelahiran dan sebaiknya bayi dan ibunya berada pada satu kamar agar mepermudah pemberian ASI .

Hormon lain yang mempengaruhi produksi ASI yaitu hormon Oksitosin yang lebih dikenal dengan hormon kasih sayang karena berhubungan erat dengan suasana hati dan perasaan saat menyusui. Bila ingin Hormon ini bekerja aktif maka ciptakan suasana yang menyenangkan saat menyusui, menikmati saat menyusui akan membuat ibu senang dan hormon ini akan bekerja lebih baik. Cara kerja hormon Oksitosin ini adalah dengan hisapan semakin sering dihisap oleh bayi maka produksi ASI akan semakin berlimpah.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document