Kaki Bengkak Saat Hamil, Apa Penyebabnya

Kaki bengkak saat hamil sering dialami oleh calon ibu. Anda tak perlu panik dan cemas. Kaki bengkak wajar dialami ibu hamil. Sakit akan hilang setelah melahirkan. Kaki bengkak lebih terasa nyeri saat udara panas dan menjelang sore hari.  Kaki bengkak dapat menyebabkan aktivitas tergangggu, apalagi ibu pekerja.Kaki bengkak saat hamil, apa penyebabnya?

  1. Saat hamil tubuh sedikit memproduksi dan menahan banyak sekali cairan sekitar 30 % dari biasanya. Penimbunan cairan akibat dari kadar garam atau natrium yang terlalu tinggi diproduksi di dalam tubuh. Natrium bersifat menahan air, sehingga kelebihan air di dalam tubuh akan sulit dikeluarkan karena terikay oleh ion-ion natrium.
  2. Ukuran rahim membesar, mengakibatkan menekan pembuluh darah  balik di kaki. Keadaan ini terasa sekitar trisemester ke-3 kehamilan.

Keadaan kaki bengkak saat hamil ini bagaimana mengatasinya? Beberapa tips mengatasi kaki bengkak saat hamil berikut ini :

  1. Rajin minum air putih. Air putih sangat berguna untuk kesehatan tubuh, termasuk untuk ibu hamil. Mengkonsumsi banyak air putih dapat mengatasi bengkak kaki saat hamil.
  2.  Jalan Kaki. Terutama dipagi hari saat udara masih segar. Usahakan jalan kaki selamma 30 menit tanpa alas kaki. Kaki akan terasa lebih segar karena peredaran darahnya kembali lancar.
  3. Kurangi Garam. Mengkonsumi banyak garam dapat menyebabkan kaki bengkak. Kurangi makanan yang berasa asin.
  4. Hindari Sepatu berhak tinggi. Memakai sepatu berhak tinggi memiliki resiko yang tinggi, misalnya terpleset. Selai itu, sepatu berhak tinggi dapat menimbulkan bengkak pada kaki ibu hamil.
  5. Kurangi berdiri terlalu lama. Keadaan berdiri terlalu lama dapat menyebabkan kaki menjadi bengkak.
  6. Pijatlah kaki yang bengkak dengan minyak atau resep tradisional berikut. Siapkan minyak goreng satu sendok makan, campur dengan garam halus sedikit dan ditambah dengan perasan jeruk nipis. Selain mengurangi rasa bengkak, kulit akan terasa lebih lembut dan bersih.

Kaki Anda bengkak saat hamil? Cek penyebabnya dan lakukan tips di atas, ya!

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document