Jenis Alat – Alat Kontrasepsi

Kehamilan adalah hal yang ditunggu-tunggu oleh semua pasangan suami istri yang mendambakan seorang momongan. Meskipun demikian, bukan berarti setiap pasangan suami istri menginkan kehamilan terus-terusan. Ada beberapa rencana dalam kehamilan tersebut, misalnya saja jumlah anak yang diinginkan dalam masa hidupnya. Oleh karena itu, maka tidak jarang yang menggunakan alat kontrasepsi dalam perencanaan kehamilannya. Demi kenyamanan dalam penggunaan maka ada baiknya untuk mengetahui jenis alat-alat kontrasepsi.

Alat kontrasepsi adalah alat yang digunakan oleh seseorang untuk mencegah kehamilan baik secara semi maupun permanen. Tujuan dari penggunaan alat kontrasepsi sendiri adalah demi mencegah kehamilan yang tidak diinginkan.

Faktor kesehatan biasa menganjurkan seseorang untuk menggunakan alat kontrasepsi. Terkadang kondisi fisik seseorang tidak memungkinkan untuk terjadinya kehamilan setelah melahirkan anak pertama dalam jangka waktu yang dekat. Oleh karena itu, digunakanlah alat kontrasepsi demi mencegah kehamilan yang dapat membahayakan nyawa seseorang tersebut.

Faktor lain adalah karena keadaan ekonomi yang tidak memungkinkan untuk memiliki seorang anak lagi. Biasanya alasan inilah yang digunakan oleh seseorang ketika menggunakan alat kontrasepsi. Kondisi ekonomi yang serba sulit kadang memaksa seseorang untuk berpikir dua kali punya anak. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan ketika memiliki seorang anak padahal kondisi ekonomi susah. Memiliki anak tidak cukup hanya memberikan makan saja, masih banyak biaya lain-lain yang harus dipersiapkan. Oleh karena itu, banyak orang yang dalam kondisi ekonomi susah sering menjadikan alasan ini untuk menggunakan alat kontrasepsi.

Jenis alat-alat kontrasepsi yang sekiranya aman digunakan demi mencegah kehamilan yang tidak diinginkan adalah sebagai berikut.

  1. Kondom, alat kontrasepsi yang satu ini adalah alat kontrasepsi yang paling terkenal bahkan anak yang masih kecil saja kemungkinan sudah tahu. Hal tersebut bisa saja terjadi mengingat banyak sekali iklan yang menayangkan penggunaan alat kontrasepsi. Meskipun sebenarnya bukan merupakan solusi utama dalam mengatasi masalah.
    Penggunaan kondom juga dirasakan yang paling mudah. Namun memiliki sisi kelemahan yakni kenyamanan bagi pihak laki-laki.
  2. Pil kontrasepsi , biasanya bisa didapatkan di bidan yang harus diminum setiap hari di jam yang sama untuk mencegah terjadinya kehamilan.
  3. Spiral atau iud, merupakan alat kontrasepsi yang lumayan aman tetapi juga memiliki sisi negatif yang terjadinya kram dan infeksi jika pemasangan dilakukan dengan tidak benar.
  4. Suntik
  5. Vasektomi
  6. Tubektomi

Demikianlah beberapa jenis alat-alat kontrasepsi yang bisa digunakan demi mencegah kehamilan yang tidak diinginkan.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document