Imunisasi BCG Pada Bayi

Memiliki anak yang sehat dan terhindar dari penyakit adalah keinginan semua orang tua. Guna menghindari penyakit yang berbahaya, maka sejak lahir bayi telah diberikan beberapa macam imunisasi. Salah satu jenis imunisasi wajib yang diberikan kepada bayi adalah imunisasi BCG. Imunisasi BCG pada bayi biasanya diberikan pada saat bayi baru saja lahir atau maksimal di usia 2 bulan pertama setelah lahir. Imunisasi BCG (Bacillus Calmette Guerin) berperan untuk mencegah terjangkitnya penyakit Tuberculosis yang disebabkan oleh bakteri Mycrobacterium tuberculosis.

Bakteri penyebab tuberculosis ini sangat mudah menular melalui udara pernafasan. Penyakit ini menimbulkan gejala antara lain batuk yang sulit sembuh disertai kesulitan bernafas, demam tinggi, berkeringat dan nafsu makan sangat rendah. Tuberkulosis dapat menyebabkan kematian. Apabila imunisasi diberikan setelah anak usia lebih dari dua bulan, maka harus dilakukan tes tuberkulin untuk mengetahui ada atau tidaknya infeksi tubekulosis. Setelah diketahui hasil negatif, maka imunisasi baru dapat diberikan. Namun apabila tes menunjukkan bahwa anak menderita infeksi tuberculosis, maka harus diberikan terapi antibiotic terlebih dahulu sebelum diberikan imunisasi.

Imunisasi BCG pada bayi diberikan satu kali dan tidak perlu untuk diulang atau dilakukan boost. Vaksin BCG ini mampu menimbulkan respon imun jangka panjang atau termemori di dalam tubuh anak. Guna mengefektifkan pemberian vaksin BCG, alangkah lebih baiknya bayi diimunisasi segera setelah lahir, apalagi bakteri penyebab tuberculosis banyak terdapat di udara dan dikhawatirkan bahwa lingkungan tinggal bayi tidak steril dari bakteri penyebab tuberculosis ini.

Imunisasi BCG tidak menimbulkan efek samping baik panas ataupun efek samping lain. Yang mungkin dapat timbul adalah adanya bisul atau abses kecil di sekitar lokasi penyuntikan. Timbulnya abses tersebut memberikan indikasi bahwa vaksin sedang bekerja. Jangan diberikan perlakuan apapun karena nanti bisul akan sembuh dengan sendirinya, kemudian kambuh lagi dan sembuh. Setelah kurang lebih satu bulan bisul tidak kambuh sama sekali dan vaksin telah bekerja secara efektif, bayi sudah terlindungi dari ancaman tuberculosis. Imunisasi BCG pada bayi jangan sampai dilewatkan karena merupakan imunisasi wajib yang akan memberikan perlindungan total bagi buah hati.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document