Hubungan Serumah Orang Tua, Kakek Nenek dan Anak

Pernahkah Anda menjumpai pasangan menikah yang masih tinggal di rumah orang tuanya? Atau mungkin Anda sendiri yang tengah mengalaminya? Banyak yang menyebutkan bahwa hubungan serumah orang tua, kakek nenek dan anak bisa menimbulkan banyak konflik atau permasalahan baru. Salah satu masalah yang sering muncul dan sulit dicari pemecahannya adalah masalah perbedaan pola asuh anak.

Masalah pola asuh anak antara kakek nenek dengan sang orang tua tak jarang memiliki banyak perbedaan. Jika kakek nenek lebih terbiasa menggunakan pola asuh tradisional, maka si orang tua lebih cenderung pada pola asuh yang modern. Jika tidak disikapi secara bijak, perbedaan prinsip tersebut bisa memicu konflik yang berkepanjangan dan membuat sebagian pihak merasa tersakiti. Hal itu akan semakin parah jika kedua belah pihak merasa paling benar.

Salah satu solusi yang ditempuh oleh seseorang yang memiliki hubungan serumah orang tua, kakek nenek dan anak adalah pindah rumah. Namun benarkah pindah rumah merupakan solusi yang tepat? Sebenarnya, pindah rumah bukanlah solusi yang tepat untuk menghadapi perbedaan pola asuh. Sebaliknya, tinggal serumah dengan kakek nenek justru lebih baik bagi perkembangan mental sang anak, begitupun dengan sang kakek nenek yang biasanya akan merasa sangat bahagia apabila berkumpul dengan cucunya.

Jika demikian kenyataannya, lalu adakah solusi yang tepat untuk hubungan serumah orang tua, kakek nenek dan anak? simak beberapa tisp-tips berikut ini :

  • Terapkan sikap saling menghargai pada pendapat orang lain, toh semua yang dilakukan kakek neneknya juga demi kebaikan anak Anda kan?
  • Berikan pengertian pada anak mengenai maksud dan tujuan Anda sebagai orang tuanya dan juga kakek neneknya.
  • Meskipun ada pendapat jika pola asuh ganda tidak baik bagi perkembangan mental anak, namun kalau dari awal kita bisa menghandlenya dengan baik, hal itu tidak akan terjadi kok.
  • Bersikap bijaksana dan hindari sikap kekanak-kanakan dan mau menang sendiri, karena pada dasarnya semua pola asuh, baik itu tradisional maupun modern tetap memiliki sisi negatif atau positif.
  • Jika memang pindah rumah merupakan solusi yang dianggap aman, maka persiapkan dengan matang dan berikan pengertian kepada kakek nenek bahwa sebagai orang tua, Anda ingin lebih mandiri. Komunikasi yang baik akan membuat hubungan baik antar keluarga tetap terjaga.

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda semua.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document