Global Warming dan Anomali Iklim

Seiring dengan makin pesatnya perkembangan industri pasca terjadinya revolusi industri yang pernah terjadi di inggris, secara tidak langsung juga ikut menyumbang terjadinya fenomena iklim dunia. Perlahan namun pasti, kandungan gas karbondioksida dan karbonmonoksida semakin banyak dilepaskan ke atmosfer bumi, sehingga terjadi ketidakseimbangan kadar udara pada lapisan atmosfer. Tidak hanya karbondioksida ataupun karbonmonoksida saja yang telah dilepaskan ke atmosfer bumi, namun berbagai macam gas berbahaya lain seperti freon dan aerosol juga ikut menyumbang kerusakan lapisan ozon, yaitu lapisan udara tipis yang melindungi semua kehidupan bumi. Serangkaian pelepasan gas polutan yang memicu terjadinya pencemaran udara ini akan memicu terjadinya global warming dan anomali iklim. Apa dampak buruknya?

Beberapa dampak buruk yang disebabkan oleh global warming dan anomali iklim adalah:

  • Cuaca tidak menentu
    Pola cuaca yang tidak menentu disebabkan oleh perubahan tekanan udara pada permukaan bumi. Perubahan tekanan udara pada permukaan bumi ini disebabkan naiknya suhu permukaan bumi dan menyebabkan arah angin sebagai penentu cuaca dan iklim bumi menjadi kacau.
  • Naiknya suhu permukaan bumi
    Efek rumah kaca yang disebabkan terlalu tingginya kadar karbondioksida pada atmosfer, menyebabkan radiasi panas matahari tidak bisa dilepaskan kembali secara maksimal ke atmosfer. Akibatnya lambat laun suhu permukaan bumi akan naik.
  • Kekeringan
    Pola cuaca yang tidak menentu ini akan dapat memicu musim panas yang lebih panjang. Bila digabung dengan naiknya suhu bumi akan mengakibatkan kekeringan pada daerah tertentu.
  • Banjir
    Perubahan pola cuaca yang tidak dapat diprediksi dapat juga menyebabkan suatu daerah mengalami musim hujan yang lebih panjang ataupun curah hujan yang lebih besar.
  • Naiknya permukaan air laut
    Global warming juga memicu terjadinya pelehan gunung es yang ada pada kutub utara. Pelelehan gunung es akan menyebabkan penambahan volume air laut, sehingga secara otomatis ketinggian permukaan air laut akan bertambah.

Begitu banyaknya dampak buruk yang disebabkan oleh global warming dan anomali iklim ini maka ada baiknya jika mulai saat sekarang segera lakukan tindakan pencegahan dengan cara menanam pohon dan mengurangi polusi udara. Semoga bermanfaat.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document