Gejala Keputihan

Secara umum gejala keputihan ditandai dengan keluarnya lendir ataupun cairan selain darah melalui liang vagina ataupun organ genital. Akan tetapi yang perlu menjadi perhatian adalah sifat fisik dan kimia dari lendir atau cairan yang keluar melalui organ genital tersebut. Gejala keputihan normal atau keputihan fisiologis akan memiliki perbedaan yang mencolok dibandingkan gejala keputihan patologis. Sebagaimana diketahui, keputihan patologis merupakan suatu jenis keputihan yang diakibatkan oleh aktifitas jamur, parasit ataupun virus yang menginfeksi saluran vagina ataupun bagian lain organ genital. Agar tidak menimbulkan kebimbangan, ada baiknya mengetahui beberapa sifat fisik dan kimia dari lendir ataupun cairan yang keluar melalui liang vagina ini.

Apa saja gejala keputihan?

Berikut ini akan disampaikan beberapa gejala keputihan, baik itu keputihan secara fisiologis ataupun keputihan patologis meliputi sifat fisik dan kimia dari cairan atau lendir yang keluar melalui vagina sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Keputihan Bening dan berwarna
    Keluarnya cairan atau lendir yang tidak berwarna melalui liang vagina atau organ genital merupakan ciri utama keputihan fisiologis. Namun apabila menderita keputihan patologis, cairan ataupun lendir yang keluar bisa saja berwarna putih keabu-abuan, hijau kekuningan atau bahkan coklat terwarnai dengan warna darah.
  • Keputihan Tak berbau dan keputihan berbau menyengat
    Keputihan fisiologis ditandai dengan lendir yang tidak berbau, namun pada keputihan patologis lendir yang keluar memiliki bau yang tidak sedap atau bahkan menyengat seperti bau busuk.
  • Keputihan Seperti krim dan lengket berbusa
    Keputihan fisiologis ditandai dengan lendir yang normal seperti liur, namun pada keputihan patologis lendir yang keluar berbentuk seperti krim, berbusa dan bahkan dalam keadaan yang parah lendirnya bersifat lengket.
  • Keputihan Tanpa gejala dan diiringi gatal atau pedih
    Pada keputihan fisiologis, lendir yang keluar tidak menimbulkan gejala, sedangkan pada keputihan patologis, lendir yang keluar diiringi dengan gatal atau bahkan pedih.

Demikianlah beberapa sifat fisik dan kimia dari cairan ataupun lendir yang keluar dari vagina dan mengiringi gejala keputihan. Segera kunjungi ahli medis ataupun dokter terdekat agar bisa diambil tindakan medis apabila sifat fisik dan kimia cairan tersebut mengindikasikan terjadinya keputihan patologis. Semoga bermanfaat.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document