Gangguan Pendengaran dan Proses Visual pada Anak

Mungkin sebagian besar orangtua belum memahami bahwa terdapat berbagai macam gangguan belajar pada anak yang dapat memicu penurunan prestasi anak di sekolah. Sebagian yang lain beranggapan bahwa penurunan prestasi akademik ini disebabkan tingkat kesulitan pelajaran yang makin meningkat seiring dengan tingkatan kelas. Kedua pendapat ini sebenarnya tidaklah salah, pun juga tidak sepenuhnya benar, karena memang faktanya terdapat beberapa jenis gangguan belajar pada anak yang dapat menghambat prestasi akademik anak di sekolah. Salah satu jenis gangguan belajar pada anak adalah gangguan pendengaran dan proses visual pada anak. Apa saja data dan fakta yang berhubungan dengan gangguan dalam proses belajar anak ini?

Data dan Fakta

Berikut beberapa data dan fakta mengenai gangguan pendengaran dan proses visual pada anak sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Bukan penyakit.
    Gangguan dalam proses belajar ini ditandai dengan ketidakmampuan anak dalam menerima, mengolah dan menganalisa data dalam bentuk audio atau suara yang didengar dan visual atau gambar yang dilihat, walaupun pada kenyataannya bisa jadi anak tidak mengalami permasalahan pada indera pendengaran dan pengelihatan. Gangguan ini lebih disebabkan oleh ketidakseimbangan neurotransmitter pada otak.
  • Deteksi dini.
    Menurut salah seorang pakar psikolog anak, dikatakan bahwa cara mendeteksi dini pada anak yang mengalami gangguan pendengaran dan proses visual dapat dilakukan dengan test pemahaman secara lisan dengan penggunaan metode audio visual seperti video pelajaran yang biasanya terdapat pada buku edukatif anak. Bandingkan hasilnya dengan test lisan yang dilakukan dengan cara membaca buku edukatifnya. Jika anak lebih memahami dengan cara membaca dibandingkan menyaksikan video edukatifnya, bisa jadi anak mengalami gangguan pendengaran dan proses visual dalam belajar.
  • Penanganan.
    Masih menurut sumber yang sama, dikatakan bahwa tindakan terapi dengan cara melihat video dan teks pada buku secara bergantian bisa dijadikan alternatif penanganan. Apabila diperlukan, bawa seperangkat alat perekam video saat proses pelajaran di sekolahnya, walaupun mungkin cara ini dianggap agak kurang wajar di Indonesia.

Demikianlah beberapa data dan fakta mengenai gangguan pendengaran dan proses visual pada anak yang sebaiknya diketahui orangtua. Oleh karena itu, melakukan deteksi dini ketika anak mengalami penurunan prestasi akademik sebaiknya segera dilakukan untuk mengetahui penyebabnya, agar dapat segera dilakukan tindakan penanganan yang tepat agar tidak mempengaruhi kepercayaan diri anak.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document