Gangguan Disleksia pada Anak

Menurut sebuah seminar pendidikan anak yang dilakukan beberapa waktu yang lalu, dikatakan bahwa terjadinya penurunan prestasi belajar secara drastis pada anak-anak usia sekolah, bisa jadi disebabkan oleh adanya gangguan belajar pada anak yang tidak terdeteksi sebelumnya. Beberapa jenis gangguan belajar memang tidak terdeteksi pada awalnya, namun seiring dengan perkembangan tingkat pendidikan, gangguan belajar pada anak ini akhirnya akan mempengaruhi sistem penerimaan dan pengolahan rangsang informasi, sehingga terjadi penurunan prestasi akademik. Salah satu jenis gangguan belajar pada anak yang sebaiknya diketahui orangtua adalah gangguan disleksia pada anak. Kenali dengan baik beberapa data dan fakta yang berhubungan dengan gangguan belajar pada anak ini.

Data dan Fakta

Berikut beberapa data dan fakta yang berhubungan dengan gangguan disleksia pada anak sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Arti disleksia.
    Disleksia pada dasarnya merupakan kondisi kurangmampuan belajar disebabkan kesulitan membaca dan menulis sehingga anak-anak yang mengalami gangguan ini akan kesulitan memahami kata-kata atau ungkapan secara tertulis. Menurut sebuah riset yang pernah dilakukan, beberapa anak disleksia justru memiliki kecerdasan parsial atau kecerdasan tiga dimensi yang lebih baik dibandingkan anak normal. Sebaiknya orangtua segera mendeteksi agar dapat mengatasi gangguan ini sehingga anak tidak sampai mempengaruhi kemampuan berbicaranya.
  • Deteksi dini.
    Disleksia pada anak dipicu oleh terjadinya gangguan pada sistem saraf pusat dalam memahami dan mengolah suatu rangsang masukan atau input yang berupa tulisan. Namun ketika dihadapkan pada rangsang input berupa visual atau suara, respon mereka bisa saja lebih baik dibandingkan anak normal. Deteksi dini dapat dilakukan dengan melakukan test membaca, test gambar dan test mendengarkan. Jika anak lebih memahami test mendengarkan dan test gambar dibandingkan test membaca, maka bisa jadi anak mengalami gangguan disleksia.
  • Penanganan.
    Menurut berbagai sumber, dikatakan bahwa terapi untuk anak disleksia dapat dilakukan dengan metode tulis-suara, yaitu suatu jenis terapi membaca tulisan yang didahului dengan rangsang suara cara membaca.

Demikianlah beberapa data dan fakta yang berhubungan dengan gangguan disleksia pada anak yang sebaiknya perlu diketahui orangtua. Segera lakukan deteksi dini agar gangguan belajar pada nak ini dapat segera diketahui sehingga tindakan penanganan yang tepat dapat segera diambil. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document