Fungsi Kecerdasan Emosional

Menurut salah seorang psikolog anak, mengatakan bahwa banyak sekali masyarakat yang belum mengenal kecerdasan emosional atau Emotional Quotation. Lebih lanjut dikatakan bahwa pada era kurun waktu tersebut, masyarakat lebih cenderung mengenal kecerdasan intelegensi atau IQ daripada EQ, padahal faktanya kecerdasan EQ ternyata memiliki fungsi dan manfaat yang lebih kompleks dibandingkan IQ atau Intelegence Quotation, terutama pada anak-anak. Apa saja jenis dan macam fungsi kecerdasan emosional pada anak?

Jenis dan Macam

Berikut beberapa jenis dan macam fungsi kecerdasan emosional pada anak sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Kedewasaan.
    Menurut beberapa jurnal psikologi dan kesehatan, dikatakan bahwa kecerdasan emosional berhubungan dengan tingkat kedewasaan. Makin tinggi kecerdasan emosional pada anak, makin besar pula tingkat kedewasaan yang dimiliki.
  • Penyeimbang intelegensia.
    Masih menurut sumber yang sama, dikatakan bahwa kecerdasan emosional juga bermanfaat sebagai penyeimbang kecerdasan intelegence atau IQ. Hal ini disebabkan kecerdasan intelegence atau IQ berhubungan dengan fungsi otak kiri, sedangkan kecerdasan emosional atau EQ berhubungan dengan otak sebelah kanan.
  • Sosial kemasyarakatan.
    Emotional quotation atau kecerdasan emosional, ternyata bermanfaat untuk menjaga dan mempertahankan kehidupan dalam bermasyarakat atau dalam lingkungan sosial. Anak dengan kecerdasan emosional tinggi, lebih banyak memiliki teman dibandingkan mereka yang memiliki IQ tinggi. Hal ini disebabkan anak dengan EQ tinggi lebih mementingkan membina hubungan pertemanan dibandingkan mereka yang memiliki IQ tinggi.
  • Percaya diri.
    Kecerdasan emosional pada anak juga bermanfaat untuk meningkatkan rasa kepercayaan pada diri sendiri. Menurut sebuah penelitian yang pernah dilakukan oleh sebuah universitas di Canada, diungkapkan bahwa anak dengan EQ tinggi memiliki tingkat percaya diri yang tinggi serta lebih berani mengungkapkan pendapat dibandingkan mereka yang memiliki IQ yang tinggi.
  • Lebih berhasil.
    Walaupun kecerdasan IQ memegang peranan penting dalam memperbesar peluang bekerja pada perusahaan terkemuka, namun mereka yang memiliki EQ tinggi, justru lebih berhasil. Hal ini disebabkan mereka yang memiliki EQ tinggi mampu berkomunikasi dengan baik dengan sesama rekan kerja, serta berpengalaman dalam organisasi. Manajemen perusahaan akan lebih baik apabila dikendalikan oleh mereka yang berpengalaman dalam berorganisasi dibandingkan mereka yang minim pengalaman.

Demikianlah beberapa jenis dan macam fungsi kecerdasan emosional pada anak yang sebaiknya perlu diketahui orangtua. Oleh karena itu, akan lebih baik apabila orangtua selalu memberikan stimulasi tepat agar perkembangan kecerdasan EQ anak akan semakin meningkat.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document