Ciri-ciri Keputihan Normal

Keputihan merupakan suatu kejadian umum dan biasa terjadi pada wanita. Keputihan ini biasanya rutin terjadi pada wanita setiap bulannya, yaitu ketika menjelang siklus menstruasi. Namun demikian terkadang keputihan bisa saja terjadi sewaktu-waktu terutama bagi mereka yang sering sekali mengalami stress, kecemasan, kelelahan dan depresi. Wanita pekerja ataupun wanita karier sepertinya rentan mengalami keputihan yang bisa saja disebabkan oleh beratnya beban pekerjaan. Terjadinya keputihan yang dipicu oleh stress dan pekerjaan yang berat biasanya masih merupakan keputihan normal atau keputihan secara fisiologis.

Keputihan Normal, Penyebab dan Ciri-cirinya

Secara umum, penyebab keputihan normal adalah faktor hormonal ketika menjelang menstruasi, rangsangan birahi, segala macam kelelahan baik secara fisik maupun emosional serta adanya benda asing dalam organ reproduksi yang berguna untuk mencegah terjadinya kehamilan seperti alat kontrasepsi IUD (Intra Uterine Device). Agar mengetahui dengan jelas apakah keputihan yang sedang dialami adalah keputihan normal atau tidak normal, berikut ini akan disajikan beberapa ciri-ciri keputihan normal sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Tidak berwarna atau jernih. Kejernihan lendir bisa dibuktikan dengan tidak adanya bercak kekuningan pada celana dalam.
  • Tidak berbau. Coba sesekali observasi dengan membaui lendir yang keluar dari organ genital. Apabila berbau menyengat atau tidak sedap, kemungkinan besar terjadi infeksi dan peradangan.
  • Tidak gatal. Ketika menyentuh permukaan kulit bibir luar organ genital, lendir ini tidak akan menimbulkan atau memicu rasa gatal.
  • Tidak pedih dan membakar. Lendir yang keluar ketika menyentuh permukaan kulit luar organ genital tidak akan menimbulkan rasa pedih dan membakar seperti terkena cairan cabe.

Untuk menghindari terjadinya keputihan normal yang disebabkan oleh stress dan kelelahan fisik maupun emosional, ada baiknya melakukan tindakan refreshing minimal seminggu sekali. Refreshing bisa saja dilakukan tanpa perlu mengeluarkan uang banyak, yaitu dengan melakukan hobi atau kesenangan yang mungkin agak lama tertunda seperti membaca novel, menonton bioskop, Berenang, atau sekedar jalan-jalan ringan ke pusat perbelanjaan walaupun hanya sekedar mencuci mata. Semoga bermanfaat

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document