Ciri-Ciri Kelainan Jantung Pada Bayi

Tidak ada didunia ini seorang pun ibu yang menginginkan anaknya sakit, sejak lahir pastilah setiap orang tua menginginkan anaknya sehat tanpa kurang suatu apapun. Namun bayi juga memiliki kemungkinan terserang berbagai penyakit baik itu yang berupa infeksi virus maupun penyakit yang tergolong penyakit bawaan, salah satunya penyakit jantung. Penyakit jantung bawaan yang terjadi pada bayi sangat sulit untuk dilakukan pendeteksian meskipun hal tersebut bisa dilakukan oleh tenaga medis. Namun orang tua adalah orang terdekat yang harusnya juga mampu mendeteksi adanya gangguan atau kelainan pada jantung anak. Oleh karena itu, sangat penting sekali bagi ibu mengetahui ciri-ciri kelainan jantung pada bayi.

Meskipun kita berharap hal tersebut tidaklah pernah terjadi pada diri atau keluarga kita tetapi pengetahuan mampu memberikan secercah harapan atas semua kondisi yang akan kita jalani. Dengan mengetahui ciri-ciri kelainan jantung pada bayi tersebut maka pengobatannya bisa dilakukan sejak dini.

Banyak sekali yang terlambat melakukan pendeteksian terhadap penyakit jantung pada anak atau bayi karena mereka belum bisa berkomunikasi dengan baik dan benar. Hal inilah yang menjadikan terlambatnya pertolongan yang bisa diberikan tenaga medis karena kekurangpahaman dari orang tua yang tidak mau belajar mengenai ciri dari kelainan jantung.

Orang tua harus lebih waspada melihat keadaan anaknya, sejak bayi tumbuh kembangnya diperhatikan, segala hal perubahan yang terjadi pada anak akan lebih baik bila orang tua mengetahuinya. Ciri-ciri kelainan jantung pada bayi bisa dilihat secara langsung dari ibu yang sedang menyusui anaknya perhatikan wajah bayi tampak pucat dan kebiruan. Pada bagian kaki dan ujung tangan terutama kuku terlihat sangat kebiruan. Hal tersebut muncul karena kurangnya aliran darah ke seluruh tubuh yang diakibatkan oleh kerja jantung yang tidak optimal.

Tanda kebiruan tersebut akan tampak lebih jelas lagi ketika bayi sedang menangis atau mengejan ketika sedang buang air besar. Selain itu, biasanya bayi juga akan sering berhenti ketika menyusui dan nafas tersengal-sengal dengan wajah kebiruan. Secara fisik bayi akan terlihat lebih lemas dan malas untuk menyusui.

Ketika anda melihat ciri-ciri kelainan jantung pada bayi seperti itu, maka ada baiknya untuk segera dibawa ke dokter untuk mendapatkan informasi dan pertolongan yang lebih baik.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document