Cara Menghormati Orang Tua

Orang tua adalah orang-orang yang sangat penting bagi kita. Karena merekalah, kita bisa ada di dunia ini. Berkat mereka, kita bisa besar seperti sekarang ini. Tak mengherankan jika Tuhan mengatakan bahwa di dalam keridhaan mereka, ada keridhaan Tuhan.

Menghormati orang tua itu berbeda dengan menghormati orang lain. Bagaimanakah cara menghormati orang tua?

  • Hal pertama yang harus dilakukan sebagai cara menghormati orang tua tentu saja adalah dengan selalu menuruti perkataan mereka. Tentu saja karena apa yang mereka katakan selalu demi kebaikan kita di dalam menjalani kehidupan. Ada pun jika apa yang mereka katakan salah atau tidak sesuai dengan kehendak kita, kita sebisa mungkin menolaknya atau meluruskannya dengan cara yang halus. Tidak secara kasar dan tidak secara langsung (to the point).
  • Memastikan bahwa kebutuhan mereka terpenuhi. Ketika orang tua sudah lanjut usia, mereka tidak bisa lagi bekerja keras mencukupi kebutuhan mereka sendiri. Saat itulah, kita sebagai anak melakukan hal yang sama kepada mereka. Ya, sekarang giliran kita yang menghidupi mereka. Jadi dalam hal ini, pastikan kebutuhan mereka selalu terpenuhi sebagaimana kebutuhan kita yang selalu dipenuhi mereka ketika kita kecil. Termasuk kebutuhan mereka dalam mendapatkan kesehatan.
  • Tidak menganggap mereka tidak berdaya. Orang tua kita sekarang mungkin sudah tua. Akan tetapi jangan sekali-kali kita menganggap bahwa mereka tidak berdaya. Terlebih jika kita menunjukkannya secara terang-terangan kepada mereka. Sebaliknya, tunjukkan bahwa mereka berkuasa. Lakukan mereka sebagaimana manusia yang bisa berbuat apa pun. Dan jika memang mereka tidak bisa melakukan sesuatu, Anda bisa menuntun mereka dan mengajarkannya secara pelan-pelan dengan cara yang tidak menggurui.
  • Melakukan hal-hal yang disukai mereka. Orang tua paling senang jika anaknya melakukan apa yang mereka sukai. Salah satunya adalah mengajak ngobrol mereka mengenai kenangan-kenangan indah. Ya, bagi mereka kenangan indah adalah salah satu yang membuat mereka bertahan dan bahagia di dalam kehidupan. Untuk itu, sering-seringlah mengajak ngobrol mereka mengenai berbagai hal. Seperti bagaimana mereka dulu menikah, bagaimana kehidupan masa kecil kita saat diasuh mereka, bagaimana mereka dulu bekerja, dan lain-lain.
  • Memberi ilmu baru. Zaman sekarang tentu berbeda dengan zaman di mana orang tua kita muda. Untuk itu, ajarkanlah ilmu-ilmu atau hal-hal baru kepada orang tua kita. Tentunya dengan cara yang halus dan penuh lemah lembut. Misalnya saja memberitahu cara mereka menggunakan ponsel, cara menggunakan komputer, cara mengemudikan mobil matik, dan lain-lain.
  • Mengingat bahwa kita pun nanti akan tua seperti mereka. Cara menghormati orang tua sebenarnya banyak macamnya. Semua tergantung pada situasi dan kondisi orang tua kita dan kitanya sendiri. Akan tetapi hal yang menjadi acuan tentu adalah dengan selalu mengingat bahwa suatu hari nanti kita pun akan tua seperti mereka. Dengan mengingat hal itu, niscaya kita akan selalu tahu bagaimana cara menghormati orang tua.
  • Setiap orang tua akan sangat bahagia melihat anaknya yang sukses dan dapat membangun keluarga yang baik. Tidak perlu sukses dalam artian yang tinggi, dengan kita menjadi anak yang shaleh dan shaleha pun orang tua kita telah bangga memiliki kita sebagai anaknya.

Nah, itulah beberapa di antaranya cara menghormati orang tua yang bisa Anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document