Cara Mengatasi Mual dan Muntah pada Anak

Kalau sebelumnya kita membahas tentang cara pencegahan penyakit mual dan muntah pada anak, di artikel ini yang akan kita bahas adalah mengenai tips atau cara mengatasi penyakit mual dan muntah pada anak yang bisa Anda praktekkan.

Yang utama yang perlu dilakukan adalah beberapa hal sebagai berikut :

  1. Mengurangi tingkat mual dan intensitas mual. Agar intensitas muntah dan mual bisa dikurangi, maka upaya yang bisa dilakukan dengan cara mengoleskan kayu putih atau minyak telon ke dada, perut, punggung, tangan, kaki, dan leher agar menjaga badan anak tetap hangat. Wangi dari minyak yang dioleskan tersebut pun sedikitnya bisa mengurangi rasa mual yang diderita oleh anak.
  2. Tetap memberikan asupan nutrisi. Apabila muntah terus terjadi, hal itu membuat perut anak menjadi kosong! Agar anak tetap dalam kondisi yang fit dan kesehatannya tidak makin drop, pastikan untuk mensupplai nutrisi yang dibutuhkan seperti biasanya. Walaupun anak tetap muntah, maka tetaplah untuk memberikannya karena nutrisi dan gizinya bisa diterima oleh tubuh anak. Tetapi cobalah untuk memberikan makanan yang ringan tetapi kaya nutrisi, seperti buah apel dan roti gandum. Makanan padat dengan jumlah yang banyak akan membuat anak semakin mual. Untuk mensiasati agar makanan yang diberikan membuat nafsu makan anak meningkat, maka orang tua perlu mempersiapkan menu khusus yang berbeda dari biasanya, misal dengan mem-variasikan penyajiannya ataupun dengan mengganti beberapa bahan biasa dengan bahan yang lain.
  3. Minum banyak air putih. Muntah akan meningkatkan resiko dehidrasi pada anak, oleh karena itu berikan si kecil lebih banyak air putih.
  4. Menghindarkan berbagai gangguan alam. Sebagai pelengkap kedua upaya diatas, maka langkah selanjutnya yang bisa Anda upayakan adalah dengan menghindarkan berbagai gangguan alam seperti cuaca dingin, angin, dan lain sebagainya. Caranya adalah dengan memakaikan pakaian hangat, memakaikan penutup kepala (kalau bisa yang menutup telinga sekaligus), dan memakaikan kaos kaki dan kaos tangan. Dengan pakaian yang demikian, maka anak akan terhindar dari gejala alam yang bisa membuat kondisinya bertambah parah, dan lambat laun kondisi anak akan membaik secara berangsur.
  5. Bawa anak ke dokter, jika mual dan muntah terjadi semakin sering dan suhu tubuh anak panas mencapai 38.5oC .

Demikianlah beberapa upaya utama dalam cara mengatasi penyakit mual dan muntah pada anak. Semoga penjelasan diatas bisa membantu Anda para orang tua yang buah hatinya sedang mengalami sakit mual dan muntah. Selamat mencoba

 

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document