Cara Mengatasi Mual dan Muntah di Awal Kehamilan

Trimester pertama kehamilan (usia kehamilan 0-12 minggu) merupakan periode penting bagi perkembangan janin. Janin sangat membutuhkan asupan gizi yang sangat baik dimasa itu khususnya. Jika ltidak, maka akan sangat rentan terkena resiko cacat fisik aupun mental.

Adalah hal yang lazim jika seorang ibu hamil mengalami perasaan mual bahkan sampai muntah-muntah di awal kehamilannya. Asalkan hal ini tidak berlebihan sehingga membahayakan perkembangan janinnya. Perasaan mual tersebut kadangkalanya muncul di pagi hari, bahkan ada juga beberapa ibu hamil mengalaminya sepanjang hari atau berbulan-bulan.

Apakah yang menyebabkan munculnya perasaan mual dipagi hari tersebut? Secara teoritis hal ini dipicu oleh adanya peningkatan hormon kehamilan (HCG) dalam darah pada trimester pertama dan peregangan otot rahim yang secara cepat. Kemudian ini diperberat dengan kekenduran relatif  jaringan otot pencernaan sehingga pencernaan menjadi kurang efisien, dan kelebihan asam lambung  disebabkan salah makan atau tidak makan sama sekali.

Hanya sepertiga wanita yang merasakan mual di pagi hari ini. Sebenarnya faktor emosional dan sugesti sangat berperan dalam hal ini.

Ada beberapa cara untuk meredakan mual ini :

  1.  Makanlah makanan tinggi protein dan karbohidrat kompleks.  Keduanya  akan mengurangi rasa  mual.
  2.  Minumlah yang banyak.  Pusatkan perhatian pada jus buah, jus sayuran, sop, kaldu ayam, namun bila hal ini menambah rasa mual,makanlah makanan yang tinggi kadar cairannya seperti buah dan sayuran segar (sawi, semangka, jeruk)
  3. Minumlah tambahan vitamin khusus. Biasanya dokter akan memberikan tambahan vitamin B6 yang dapat mengurangi rasa mual
  4. Hindari melihat, mencium, merasakan makanan yang dapat membuat anda mual.
  5. Sering-seringlah makan. Bila perut kosong, hal ini akan menambah jumlah asam lambung yang bisa mengikis dinding lambung. Makan kecil sebanyak 6 kali sebaiknya dilakukan daripada makan besar sebanyak 3 kali. Bawalah camilan bergizi (cracker,buahan kering)
  6. Makanlah ditempat tidur. Sebelum tidur makanlah camilan yang kaya protein dan karbohidrat , misalnya segelas susu dan roti gandum. Dua puluh menit sebelum berniat beranjak dari tempat tidur, makanlah camilan berkarbohidrat tinggi: beberapa cracker atau kue beras.
  7. Tidur dan bersantailah lebih banyak
  8.  Bangun tidur dengan gerakan lambat, karena terburu-buru cenderung meningkatkan rasa mual.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document