Cara Membuat Menu Vegetarian Seminggu Kedepan

Barangkali tantangan terbesar yang harus dihadapai oleh seorang vegetarian adalah menghadapi dan mengkonsumsi menu makanan yang terkesan monoton atau itu-itu saja. Padahal variasi olahan menu makanan vegetarian merupakan kunci pokok keberhasilan pola makan vegetarian yang diterapkan, sehingga berbagai kebutuhan asupan unsur makronutrient dan mikronutrient penting bagi tubuh tetap terjaga setiap harinya. Bagaimanakah cara membuat menu vegetarian seminggu kedepan yang tidak membosankan?

Kiat dan tips

Berikut ini beberapa kiat dan tips mudah cara membuat menu vegetarian seminggu kedepan sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  1. Karbohidrat. Pemenuhan unsur karbohidrat merupakan hal yang paling utama dalam menyusun menu harian, termasuk juga untuk menu vegetarian. Untuk pemenuhan karbohidrat bisa dipertimbangkan dengan memberikan variasi sumber karbohidrat seperti beras, beras merah, gandum, kentang, ketela pohon, oat, jagung ataupun ubi jalar untuk menghindari kejenuhan akan makanan tertentu.
  2. Lemak. Pemenuhan kebutuhan lemak dalam keseharian dapat digunakan sumber makanan seperti santan kelapa, kacang tanah, coklat ataupun kacang mede. Berbagai jenis bahan makanan atau minuman yang mengandung lemak ini dapat disajikan sebagai lauk ataupun cemilan. Yang perlu diperhatikan adalah jumlah asupannya agar tidak berlebihan.
  3. Protein. Pemenuhan kebutuhan protein didapatkan dari olahan kacang kedelai atau kacang panjang. Agar tidak membosankan karena sajian vegetarian yang itu-itu saja, pemenuhan asupan protein bisa divariasikan dengan tahu, tempe ataupun dibuat minuman yang terbuat dari sari kedelai ataupun kembang tahu.
  4. Mineral dan vitamin. Sayuran sudah mengandung berbagai macam mineral penting yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, sedangkan buah-buahan segar memiliki kandungan vitamin yang diperlukan tubuh. Unsur mikronutrient penting yang harus dipenuhi asupan setiap harinya adalah vitamin B, vitamin C, vtamin E serta kalium dan potassium. Pertimbangkan konsumsi jus buah segar setiap hari untuk pemenuhan kebutuhan vitamin.

Demikianlah beberapa kiat dan tips mudah cara membuat menu vegetarian seminggu kedepan. Kreasikan berbagai macam menu masakan agar tidak membosankan dengan tetap memperhatikan kandungan makronutrient dan mikronutrient penting dalam menu makanan agar kesehatan tetap terjaga. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document