Budaya Disiplin Buahkan Kesuksesan Nyata

Di jaman yang semakin komplek dengan ketidakjelasan waktu ini, sikap disiplin cenderung mulai dilupakan. Disiplin biasa kita sebut sikap mental tekun dan konsisten. Aktivitas-aktivitas seperti membaca buku, berolahraga yang memerlukan kedisiplinan mulai ditinggalkan dengan alasan tidak sempat. Sehingga penundaan sudah menjadi sikap yang biasa.

Padahal sikap disiplin inilah yang dapat mempertahankan suatu perusahaan saat menghadapi krisis. Disiplin dalam menjalankan program kerja, komitmen dan action plan, tanpa memperdulikan perubahan situasi.

Konsistensi Tindakan

Tidak sedikit orang yang menghubungkan disiplin dengan olahraga dan militer. Disiplin erat dengan kegiatan-kegiatan yang perlu kepatuhan. Padahal kedisiplinan itu seharusnya menempel pada diri sendiri. Muncul atas kesadaran sendiri. Karena konsistensi tindakan hanya bisa dijaga dengan adanya kesadaran dari dirinya sendiri untuk disiplin. Menjaga konsistensi ini tidaklah mudah. Selalu ada rasa tidak nyaman, dan berusaha menahan sesuatu dalam kondisi yang nyaman. Inilah yang nantinya membentuk individu yang kuat.

Budayakan Disiplin

Budaya disiplin seharusnya dilakukan oleh masing-masing individu. Dari individu yang memliki disiplin tinggi ini maka suatu organisasi atau perusahaan akan terbentuk dengan budaya yang baik. Disiplin tidak hanya pada tindakan. Namun, pemikiran untuk memerlukan kedisplinan.  Disiplin dalam pemikiran artinya menciptakan cara pandang sesuatu sebagai tantangan dan studi kasus. Bukan sebagai ajang pembelaan diri, kemudian menghindar. Dengan menganggap sebagai tantangan yang harus dihadapi, maka siap bergerak maju dengan sigap.

Disiplin akan terbentuk bukan dari keterpaksaan, namun karena tindakan konsisten dari perilaku dan tanggung jawab. Merasa bertanggung jawab atas apapun, akan membentuk rasa disiplin. Intinya adalah disiplin dibentuk dari ketekunan masing-masing individu.

Cara Mendisiplinkan Diri

Dibawah ini upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mendisiplinkan diri:

  • Lakukan terus menerus
    Seberapa beratnya sebuah disiplin dilakukan, namun disiplin ini harus dilakukan secara terus-menerus. Walaupun terkadang mood sedang tidak bagus, namun ini justru menjadikan sebuah tantangan bahwa disiplin memang dibentuk dari aktivitas yang terus-menerus.
  • Tekankan dalam pikiran bahwa Anda akan bisa melakukan
    Dengan mindset seperti ini, maka secara otomatis otak kita akan selalu melakukannya dan terbentuklah budaya disiplin.
  • Jangan beralasan
    Alasan- alasan ini justru akan menggangu. Untuk itu, buang jauh-jauh alasan-alasan tersebut.

Dan masih banyak lagi upaya-upaya yang bisa dilakukan untuk  menumbuhkan sikap disiplin sejak dini.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document