Bersin – Bersin di Pagi Hari Apakah Penyakit?

Diantara Anda mungkin ada yang mempunyai kebiasaan rutin selalu bersin di pagi hari. Bersinnya pun tidak hanya satu atau dua kali, tetapi bisa sampai puluhan kali. Bagi sebagian kecil orang bersin di pagi hari bisa jadi merupakan kejadian yang biasa dialami dan biasanya mulai bersin setelah beberapa menit bangun tidur. Ciri lainnya bersin disertai dengan hidung memerah dan mata berair, tapi seiring berjalannya siang bersin – bersin akan hilang sendiri. Seseorang yang mempunyai kebiasaan bersin di pagi hari karena mengidap peradangan hidung dengan penyebab alergi atau kepekaan terhadap benda asing yang menjadi pemicu (alergen). Pemicunya bersin – bersin di pagi hari lebih sering karena faktor udara dingin. Gejalanya mirip seperti ketika Anda menderita flu, bedanya tidak disertai demam.

Ada beberapa tanda yang harus diamati mengapa terjadi bersin – bersin di pagi hari, yaitu:

  1. Seseorang alergi terhadap sesuatu, bisa karena debu dalam kamar, udara kotor yang terhirup, atau bisa juga karena bulu binatang.
  2. Salah satu bentuk reaksi tubuh yang umum karena selama tidur suhu tubuh seseorang secara alami akan menurun.
  3. Ketika seseorang tidur, gerak pernafasan akan menjadi lambat dan pada saat bangun dari tidur tubuh mencoba untuk mengeluarkan semua debu di rambut lubang hidung, inilah kenapa seseorang menjadi bersin.
  4. Seseorang sensitif terhadap udara dingin, sehingga ada respon dari tubuh ketika bangun tidur akan langsung bersin – bersin karena efek udara dingin. Biasanya juga akan terlihat saat musim hujan atau pun saat seseorang baru selesai mandi, ini adalah respon normal tubuh karena udara di sekelilingnya.

Setelah kita mengetahui penyebab mengapa bisa terjadi bersin di pagi hari, maka kita bisa mengatasinya. Timbulnya bersin karena respon tubuh terhadap adanya zat tertentu yang diidentifikasi sebagai zat asing yang diduga tubuh adalah penyakit, sehingga sistem kekebalan tubuh pada kondisi hipersensitif. Bersin -bersin mulai berkurang ketika seseorang sudah makan pagi, karena sistem kekebalan tubuh sudah mulai meningkat. Bahkan akan hilang dengan sendirinya saat matahari mulai terbit. Inilah kenapa bersin – bersin hanya terjadi di pagi hari. Bersin juga biasanya disertai dengan batuk, karena pada saat seseorang bersin akan menghasilkan lendir yang mengalir ke belakang tenggorokan dan merangsang respon batuk. Jadi jangan takut jika Anda bersin – bersin di pagi hari. Semoga bermanfaat.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document