Bernyanyi Ternyata Baik untuk Kesehatan Jiwa

Ada pepatah yang mengatakan “Bernyanyi lebih murah dari terapi, lebih sehat dari minum, dan lebih menyenangkan dibanding olahraga”. Hebat bukan? Ya, ternyata bernyanyi baik untuk kesehatan Anda loh, tidak cuman kesehatan fisik, tapi juga kesehatan jiwa.

Banyak orang yang memiliki kegemaran bernyanyi, mulai dari di jalan, di depan komputer, di tempat karaoke, bahkan di kamar mandi sekalipun. Dan untuk masalah kesehatan, suara bagus ataupun fals tentu bukan penghalang. Justru kebiasaan bernyanyi tersebut harus diteruskan karena manfaatnya sangat luar biasa. Berikut adalah manfaat bernyanyi bagi kesehatan jiwa dan mental:

  1. Media ekspresi diri – Orang yang gemar bernyanyi dengan suara lepas dan bukan berbisik akan memperoleh perasaan lega dan lebih semangat setelah bernyanyi. Selain itu, banyak juga jenis musik yang dapat Anda pilih, sesuaikanlah pilihan genre musik Anda dengan keadaan pikiran dan hati agar segala hal dapat tersalurkan.
  2. Memperbaiki mood- Ketika Anda sedang bersedih karena suatu hal, lagu-lagu dengan irama mellow akan membantu Anda menyalurkan rasa sedih tersebut. Sama halnya ketika Anda sedang senang, lagu cerita dan lebih ngebeat juga akan memperpanjang perasaan bahagia Anda. Sebuah Mp3 player, handphone, atau radio bisa menjadi teman Anda dikala waktu luang agar selalu dalam keadaan mood yang baik.
  3. Meningkatkan semangat kerja dan melepas stress – Ketika bernyanyi hormon endorfin dalam tubuh akan meningkat. Hormon ini bekerja untuk memberikan perasaan nyaman. Itulah sebabnya, secara tidak sadar Anda pasti pernah memilih pergi ke tempat karaoke untuk menghilangkan stress.
  4. Memperpanjang Umur- Graham Welch, pengajar music di Institut Roehampton London mengatakan bernyanyi dapan membuat Anda awet muda meski sudah dalam usia lanjut. Hal ini disebabkan saat bernyanyi rongga dada Anda akan melebar, lalu punggung dan pundak Anda akan menjadi lebih lurus dan membantu memperbaiki postur tubuh Anda. Dan yang terpenting seperti yang sudah disinggung di poin kedua, bernyanyi dapat meningkatkan mood. Bagi mereka yang sudah berusia lanjut dan gemar bernyanyi, mereka bisa melupakan sejenak “berapa umur mereka” dan bahkan melupakan penyakit yang mereka derita sejenak. Sama halnya dengan pengobatan kanker pada anak-anak, dimana mereka dibuat sibuk dengan kegiatan positif agar lupa dengan penyakitnya dan mampu menghentikan perkembangan sel kanker.
Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document