Berapa Usia Ideal Anak Masuk Sekolah TK?

Usia ideal anak masuk sekolah TK mungkin menjadi topik yang cukup seru untuk dibicarakan karena masing-masing orang memiliki pendapatnya sendiri. Namun, pertanyaannya sebenarnya berapa umur yang ideal bagi seorang anak untuk masuk TK?

Kesiapan Seorang Anak Masuk TK

Sebelum Anda memutuskan berapa usia ideal Anak masuk sekolah TK. Anda harus memperhatikan berbagai kesiapannya walaupun pada dasanya orang menyebutkan umur antara 4-5 tahun adalah usia yang pas. Pada dasarnya, sekolah mereka yang pertama adalah rumah. Tetapi perlu diingat bahwa anak tidak seharusnya dipaksa untuk belajar tentang sesuatu apalagi jika ia masih balita. Usia balita adalah identik dengan bermain, jadi untuk mengajar balita Anda mengenai sesuatu, Anda perlu mengintegrasikannya melalui permainan. Misalnya Anda ingin mengajar anak Anda tentang warna, Anda bisa menggunakan ring donat warna warni yang banyak tersedia di toko, atau mainan shape shorter untuk mengajar mereka warna sekaligus bentuk-bentuk geometri. Diperlukan kesabaran serta kreativitas orang tua terutama bundanya untuk membuat anak tertarik mempelajari sesuatu dan mandiri.

Jika Anda merasa anak Anda sudah siap masuk TK, Anda dapat mulai membiasakan suasana dan lingkungan sekolah melalui permainan sekolah-sekolahan menggunakan boneka-bonekanya, belajar berbagi atau main bergantian dengan saudara kandung atau teman-teman di rumah serta mengajar mereka taat pada guru dengan play role tadi.
Berikut beberapa kesiapan yang harus ditunjukkan oleh anak Anda yang menunjukkan bahwa dia siap masuk TK:

  • Kesiapan Emosional
    Ini merupakan salah satu faktor penting terutama karena nantinya anak akan melakukan segala sesuatunya sendiri, tidak dibantu oleh bundanya lagi. Mengajar anak mandiri sejak dini memang perlu, tetapi kita juga harus tahu batas-batasnya. Jika dia menunjukkan sikap mandiri, siap bertemu orang luar dan bahkan siap berteman ini berarti tanda positif.
  • Kesiapan Fisik
    Selain kesiapan emosi kesiapan fisik juga sangat penting yaitu motorik halus dan kasarnya Motorik motorik halus misalnya melipat, menggunting, mencoret-coret, memilih pernak-pernik dan lain-lain. Sedangkan kasar seperti memanjat, melempar bola, naik turun tangga dan lain sebagainya.
  • Kesiapan Kognitif
    Dalam hal ini meliputi kemampuan anak untuk mengikuti perintah dari guru, menyampaikan perasaan, kemauan dan pendapatnya walau belum sempurna.

Selain ketiga kesiapan di atas, kesiapan sosial dimana anak dapat beradaptasi dengan lingkungan baru, bergaul dengan teman-teman juga perlu diperhatikan. Jika Anda melihat semua kesiapan tersebut pada anak Anda yang berumur 4 tahun maka ia siap masuk TK. Perhatikan bahwa masing-masing anak mempunyai tumbuh kembang yang berbeda. Jadi, berapa berapa usia ideal anak masuk sekolah Tk? Bunda pasti sudah bisa menjawabnya.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document