Berapa Lama Sebaiknya Mengkonsumsi Kontrasepsi Pil?

Berbagai alternatif untuk mengendalikan kelahiran yang efektif dan aman saat ini gencar dilakukan, sehingga lebih mudah dalam merencakan kapan memiliki anak. Dari semua pilihan yang tersedia, pil KB tetap menjadi pilihan yang paling disukai di seluruh dunia. Kerja obat ini melibatkan dua hormon yaitu estrogen dan progesteron yang menghalangi proses ovulasi normal. Hal ini untuk mencegah pembuahan dan pelepasan sel telur dari ovarium.

Fleksibilitas penggunaan pil KB inilah yang membuatnya begitu populer di kalangan wanita. Penggunaannya dapat dilanjutkan atau dihentikan sesuai dengan kemauan. Namun, terlepas dari popularitasnya, ada banyak keraguan dan kekhawatiran yang dialami oleh kebanyakan wanita. Beberapa masalah yang paling umum adalah mengenai kelanjutan dan penghentian penggunaan pil KB. Didalam artikel ini marilah mengesampingkan beberapa mitos dan mendiskusikan fakta tentang pil KB.

Sesekali, Hentikan Penggunaan Pil KB?

Tidak perlu bagi seorang wanita untuk menghentikan minum pil  ini kecuali menginginkan kehamilan. Menghentikan penggunaan pil KB dapat mengakibatkan kehamilan. Terlepas dari fungsinya sebagai penunda kehamilan, Pil KB memiliki manfaat kesehatan lainnya seperti  Endometriosis dapat diobati dengan pil KB. Dapat juga mengurangi risiko penyakit radang panggul.

Kesuburan Dipengaruhi Oleh Konsumsi Pil KB Jangka Panjang?

Tidak ada hubungan antara kesuburan dan penggunaan pil KB. Kebanyakan wanita mungkin tidak dapat segera hamil setelah menghentikan pil , itulah sebabnya menganggap konsumsi pil KB dalam jangka waktu tertentu  dianggap sebagai penyebabnya.

Pil KB Membuat Berat Badan Bertambah?

Ini adalah salah satu mitos umum. Hormon progestin dalam pil dapat meningkatkan nafsu makan, yang dapat mengakibatkan kenaikan berat badan.

Pil KB menyebabkan Kanker?

Justru sebaliknya, beberapa dokter menyarankan bahwa semua wanita harus mengkonsumsi pil KB setidaknya 5 tahun sebagai perlindungan kanker ovarium. Kemungkinan terkena kista ovarium sangat bisa dikurangi dengan konsumsi pil KB ini.

Beresiko Untuk Mengkonsumsi Pil KB Setelah Usia 40 Tahun?

Obat ini dapat dikonsumsi sampai menopause. Kecuali jika menderita tekanan darah tinggi atau diabetes. Mengkonsumsi pil KB tidak berhubungan dengan usia.

Pil KB Melindungi Terhadap PMS(Penyakut Menular Seksual)?

Pil KB tidak dapat memberikan perlindungan terhadap PMS. Perlindungan terbaik adalah dengan menggunakan kondom sebagai perllindungan PMS.

Semua Pil KB Apakah Sama Saja?

Di pasaran berbagai merek Pil KB banyak tersedia. Pil KB dikelompokkan dalam dua jenis yaitu gabungan pil yang merupakan kombinasi estrogen dan progestin, jenis lainnya adalah Progestin -Only Pills (POP) atau pil yang mengandung progestin tapi tidak mengandung estrogen.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document