Bagaimana Mengasah Bakat Pada Anak

Membantu anak untuk mengasah bakat mereka bukanlah hal yang terlalu sulit untuk dilakukan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh orang tua.

Mengetahui minat dan bakat anak

Perhatikan apa yang paling disukai oleh anak dan seberapa besar dia memiliki kemampuan di bidang itu. Biasanya jika anak memiliki minat yang lebih besar terhadap sesuatu maka kemampuannya pun akan lebih terlihat di bidang tersebut. Misalnya, jika dia suka menggambar maka akan terlihat bahwa dia lebih mampu mengaplikasikan gambar dengan cara menggambar yang lebih halus dan dengan hasil yang lebih baik dari bidang-bidang lain. Disinilah orang tua bisa memberikan arahan kepada anak untuk bisa mengeksplor bakatnya ini.

Membangkitkan minat anak

Ada sebagian anak yang justru tidak menaruh minat pada sesuatu yang menjadi bakatnya. Disinilah peran orang tua diperlukan untuk menumbuhkan minat anak terhadap bakat yang dimilikinya. Jika merasa kesusahan, orang tua bisa meminta bantuan psikolog.

Melakukan tes untuk mencari bakat anak dan mengoptimalkannya

Jika orang tua masih belum mengetahui bakat anak, maka orang tua bisa melakukan tes-tes tertentu seperti pengamatan terhadap perilaku anak, memperhatikan perkembangan yang terjadi pada anak, melakukan tindakan yang berupa stimulus seperti mengikutkan anak pada kegiatan kursus atau permainan-permainan tertentu, dan melakukan tes khusus yang dilakukan oleh ahli.

Lebih memahami perkembangan anak

Ini bisa dilakukan dengan membiarkan anak mengeksplor bakatnya tanpa mengejar target apapun atau berlangsung dengan natural, tanpa paksaan. Tidak perlu ada hukuman apapun jika anak tidak bisa belajar dengan cepat, justru disaat seperti ini orang tua harus mampu memberikan lebih banyak dorongan agar anak tetap semangat untuk belajar mengasah bakat mereka.

Adanya peran aktif dari orang tua

Supaya bakat anak dapat berkembang dengan baik, orang tua harus memberi dukungan secara aktif baik dalam bentuk moril dan materi. Orang tua juga harus memacu semangat anak agar dia tidak berhenti untuk berusaha. Akan tetapi orang tua tidak boleh terlalu memaksa. Buat anak menyenangi apa yang dia lakukan dan tanpa ada tekanan apapun dari orang tua atau pihak manapun.

 

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document