Bagaimana Menemukan Bakat Terpendam Anak

Banyak orang tua yang kurang sadar dengan bakat yang dimiliki anak. Sebagian besar orang tua juga sibuk mencari cara untuk mengetahui potensi apa yang sebenarnya dimiliki oleh anak-anak mereka. Berikut adalah tips menemukan bakat terpendam anak:

  1. Memasukkan anak ke tempat-tempat kursus. Ini merupakan cara yang paling umum yang dilakukan oleh orang tua. Biasanya tempat kursus yang dipilih adalah kursus untuk di bidang musik, olah raga tertentu, bahasa, dan lain sebagainya. Dari sinilah orang tua akan dapat mengetahui seberapa besar anak menaruh perhatian ke dalam bidang-bidang tersebut dan seberapa besar mereka bisa mempelajari dan menguasainya.
  2. Menaruh perhatian pada prestasi anak di sekolah. Prestasi ini tidak hanya dilihat dari perolehan nilai akademis tetapi juga kegiatan ekstrakurikuler yang mungkin diadakan di sekolah. Setiap anak memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Disinilah orang tua harus jeli melihat sisi mana yang paling menonjol dari anak supaya sisi tersebut bisa dikembangkan dan disalurkan dengan baik.
  3. Menggunakan jasa pakar psikolog. Biasanya ini dilakukan dengan cara psikotes yang biasanya digabungkan dengan wawancara. Dari hasil psikotes dan wawancara inilah psikolog dapat menemukan potensi anak yang nanti akan dikonsultasikan dengan orang tua. cara ini terbilang cukup efektif karena kegiatan ini dilakukan oleh sang ahli.
  4. Saat ini ada cara yang paling mutakhir yang sudah banyak dikembangkan di masyarakat untuk mengetahui potensi anak, yaitu dengan menggunakan sidik jari. Ada empat jenis sidik jari yang menentukan karakter anak. Yang pertama adalah whorl (w) yang mengindikasikan karakter yang mandiri, ulnar loop (u) mengindikasikan karakter yang emosional, mampu beradaptasi dengan cepat, radial loop (r) yang mengindikasikan sifat egois, dan arch (a) yang menunjukkan karakter yang relaistis, konservatif, dan praktis.

Akan tetapi apapun cara yang ditempuh oleh orang tua untuk mencari bakat anak, peran aktif orang tua dalam mengawasi pertumbuhan dan perkembangan anak lah yang paling penting supaya anak dapat mengoptimalkan bakat mereka masing-masing. Orang tua harus dapat menjembatani keinginan dan harapan anak agar dia bisa tumbuh dengan pribadi yang lebih baik dengan bakat dan keistimewaan mereka masing-masing.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document