Bagaimana Cara Melakukan Senam Otak

Ketika mendengar istilah senam, pasti yang terbayang di benak anda pertama kali adalah senam berupa olah jasmani tubuh. Tetapi tahukah anda bahwa senam tidak hanya terkait dengan olah tubuh, tetapi ternyata ada juga senam otak. Lalu seperti apa dan bagaimana cara melakukan senam otak?

Senam sendiri sebenarnya mengandung arti harafiah, yaitu latihan. Latihan dalam hal ini adalah membiasakan sesuatu melakukan aktivitas sesuai peruntukannya. Jika senam tubuh adalah membiasakan tubuh melakukan gerakan supaya terjadi tubuh yang sehat, bugar dan juga dapat membiasakan tubuh untuk menjadi lebih berbentuk atau biasa disebut sebagai senam body language. Adapun senam otak itu sendiri adalah membiasakan otak untuk berpikir dan berolah kreativitas. Jadi senam otak bukan berarti membuat otak bergerak sebagaimana senam tubuh. Adapun tehnik melakukannya adalah sebagai berikut :

  1. Merelaksasikan otak dari berbagai macam masalah ataupun pikiran yang mengganggu. Fungsinya adalah untuk meningkatkan optimalisasi kinerja dan fungsi otak.
  2. Meningkatkan kemampuan konsentrasi otak. Caranya adalah mencoba menurunkan level gelombang otak, salah satunya dapat dilakukan dengan cara memejamkan mata. Kemudian mencoba menerawang pemandangan ketika terpejam atau berimaginasi.
  3. Belajar otak-atik suatu masalah ataupun permainan yang merangsang olah pikir dan kreativitas, salah satunya adalah bermain game dan atau teka-teki.
  4. Bagaimana cara melakukan senam otak berikutnya adalah meningkatkan daya ingat dengan berlatih mengingat kata-kata baik yang tertulis maupun yang tidak tertulis. Usaha mengingat ini dapat dilakukan secara rutin setiap hari, terutama pada pagi hari ketika kondisi tubuh baru saja bangun dari tidur, sehingga lebih fit.
  5. Meskipun berlatih mengingat dapat dilakukan setiap hari, namun diusahakan untuk tidak secara terus menerus membebani pikiran dengan masalah yang pelik. Secara rutin pula iringi dengan relaksasi pikiran dan juga tubuh.
  6. Asupan makanan perlu diperhatikan karena dengan meningkatkan kesehatan dan gizi tubuh, akan sangat membantu mengoptimalisasikan pikiran serta kinerja otak.
  7. Olah napas. Olah napas membantu meningkatkan metabolisme tubuh termasuk segala metabolisme yang berpengaruh terhadap kinerja otak.

Mudah bukan. Nah mari kita mulai membiasakan senam otak dari sekarang, karena manfaatnya sangat besar untuk menunjang kinerja otak, terutama untuk kelangsungan hidup jangka panjang.

Demikian bagaimana cara melakukan senam otak. Semoga bermanfaat.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document