ASI Lancar, Ibu Senang

ASI lancar setelah melahirkan merupakan harapan semua ibu meyusui karena ASI kaya akan gizi yang di butuhkan bayi bukan hanya untuk sesaat tapi manfaat ASI akan terus di rasakan bayi sampai mereka dewasa. ASI yang pertama keluar berwarna putih kekuningan yang disebut dengan kolostrum dimana kolostrum ini sangat penting untuk bayi sebagai antibody. ASI memiliki kandungan protein, karbohidrat, lemat, vitamin serta mineral yang berbeda kandungannya dari waktu ke waktu sesuai pertumbuhan usia bayi.

Pada beberapa kasus sering di temui ASI yang kurang lancar sehingga bayi merasa kurang puas sehingga harus dibantu dengan susu formula. Berikut beberapa tips agar ASI ibu lancar :

  1. Konsumsi banyak buah dan sayuran, penuhi kebutuhan nutrisi harian dengan banyak mengonsumsi buah dan sayuran untuk gizi yang di butuhkan bayi untuk tumbuh kembangnya dapat terpenuhi. Beberapa makanan yang sangat di sarankan antara lain Kacang tanah, kacang hijau, daun katuk, jantung pisang, pisang, pepaya dan masih banyak lagi. Makanan ini bisa membantu memperlancar dan menambah produksi ASI ibu.
  2. Imbangi dengan mengonsumsi makanan protein tinggi seperti makanan laut (ikan, udang, tiram) daging ayam, daging sapi, telur. Perhatikan saat mengonsumi makanan ini jika dalam beberapa hari terjadi reaksi alergi pada anak sebaiknya kurangi konsumsi atau hentikan dan ganti dengan sumber protein lain.
  3. Ibu yang sedang menyusui tidak boleh merasa strees atau merasa di bawah tekanan, hal ini juga mempengaruhi lancar atau tidaknya ASI. Usahakan untuk cukup istirahat karena bayi masih suka bangun tengah malam ketika mereka lapar dan ini membuat ibu kurang istirahat, sebaiknya saat bayi tidur ibu juga mencukupi waktu istirahatnya.
  4. Jika ibu bekerja, lakukan pompa ASI secara teratur agar ASI terus berproduksi dan ini membantu untuk memperlancar ASI. Jangan tunggu payudara mengencang untuk menyusui, jika bayi masih tertidur bangunkan secara berkala agar ASI selalu lancar
  5. Lakukan perawatan payudara, merawat payudara bukan hanya bagus untuk ASI tapi juga untuk ibu membantu menjaga bentuk payudara agar tetap kencang dan indah. Lakukan pemijatan pada area payudara dan bersihkan puting susu dengan air hangat agar tidak ada sisa-sisa ASI yang menyumbat pada puting.

Semakin sering bayi menyusu dengan ibunya maka akan semakin banyak produksi ASI selanjutnya sama halnya dengan jika ASI di pompa. Perhatikan posisi bayi saat menyusu karena jika salah posisi juga dapat berdampak kurang bagus untuk bayi seperti hidung bayi yang tertutup oleh payudara ibu, puting yang tidak pas masuk ke mulut bayi sehingga bayi tidak nyaman selama menyusu.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document