Asi Eksklusif dan Ibu Bekerja

Memberikan Air Susu Ibu secara eksklusif untuk seorang Ibu bekerja di kantor memang tidak semudah Ibu yang menyusui dari rumah. Diperlukan komitmen dan konsisten untuk tetap memberikan cairan terbaik itu kepada buah hati tercinta. Tidak sedikit lho, para Ibu yang “bela-belain” memerah ASI di sela-sela waktu kerjanya. Demi menjaga hubungan antara ASI eksklusif dan Ibu bekerja, membuat kegiatan memerah ini pun terbilang menantang karena banyak perusahaan yang belum pro ASI. Salah satunya yaitu dengan memberikan ruang khusus untuk memerah ASI. Sehingga sebagian Ibu bekerja yang memerah ASI di toilet.

Memberikan ASI eksklusif bagi Ibu bekerja diperlukan manajemen yang tepat  agar sukses memberikan ASI eksklusifnya selama 6 bulan. Berikut ini tips agar sukses menjaga hubungan antara ASI eksklusif dan Ibu bekerja.

  1. Bekali diri dengan Anda dengan ilmu ASI eksklusif. Kegagalan Ibu bekerja dalam memberikan ASI eksklusif dikarenakan kurangnya informasi dan ketidaktahuan Ibu dalam menjalankan program mulia ini.
  2. Mindset atau kekuatan pikiran. Kekuatan pikiran Anda dalam memberikan ASI eksklusif ini sangat berpengaruh karena produksi ASI sangat bergantung bagaimana mindset Anda. Jika Anda berpikir Anda bisa, maka Anda pun bisa melakukan ASI Eksklusif selama bekerja.
  3. Siapkan peralatan untuk menyimpan ASI Eksklusif. Misalnya botol kaca, cooler box dan alat pompa ASI. Berilah label pada tiap botol saat Anda selesai memompa payudara Anda. Sebaiknya persiapkan ASI Eksklusif ini dua minggu sebelum Anda kembali bekerja.
  4. Ajarkan kepada suster atau pengasuh bayi Anda untuk memberikan ASI perahan tadi, yaitu dengan cara merendamnya di air hangat. ASI perahan yang dikeluarkan dari kulkas tidak boleh dipanaskan karena akan mengurangi manfaat dari ASI.
  5. Jaga kebersihan wadah penyimpanan ASI perah Anda karena ASI yang terkontaminasi bakteri akan membahayakan si kecil. Simpan ASI di lemari pendingin,  untuk penyimpanan di pintu kulkas bisa bertahan hingga 4-5 hari. Di dalam freezer bisa tahan hingga dua bulan.
  6. Pilihlah tempat yang bersih saat memerah ASI. Jangan memerah ASI di toilet seperti yang dilakukan sebagian ibu yang bekerja. Lakukan di ruangan yang bersih seperti meminjam ruangan meeting atau mushola khusus wanita.

Memang tidak bisa dilepaskan antara ASI eksklusif dan Ibu bekerja. Ini membuat para Ibu bekerja harus lebih dapat menyiasati demi suksesnya program asi eksklusif yang di lakukan.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document