Apakah Mandi Air Hangat Berbahaya?

Keharusan mandi di pagi hari atau malam hari yang dingin membuat orang menjadi enggan untuk melakukannya, tetapi keinginan orang agar memiliki kebersihan serta kesegaran badan waktu pagi sebelum beraktivitas ataupun malam setelah beraktivitas membuat mereka memilih cara mandi dengan menggunakan air hangat sebagai solusi. Cara ini sudah menjadi hal umum yang dilakukan masyarakat, namun sebelum terbiasa melakukannya, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu tentang fakta yang membuktikan apakah mandi air hangat berbahaya atau tidak.

Dengan mengetahui informasi tentangnya, kita jadi memiliki patokan terhadap hal apa saja yang sebaiknya dihindari, dan hal apa saja yang sebaiknya dilakukan. Pertanyaannya sekarang, apakah mandi air hangat berbahaya? Mari kita telusuri pembahasan dalam artikel kali ini untuk mendapatkan jawabannya.

Secara logis, hal hal yang dilakukan dalam kadar yang wajar dan normal, maka tidak akan terlalu banyak pengaruh yang mengikutinya. Namun apabila ada suatu hal yang dilakukan atau didapatkan secara berlebihan, maka hal hal buruk bisa menimpa. Seperti itulah kesimpulan dari mandi dengan menggunakan air hangat. Jadi, kalau aktivitas tersebut dilakukan dalam batas wajar, maka hal itu syah syah saja, namun apabila sudah dilakukan secara berlebihan, maka berikut adalah efek samping yang akan dihasilkan :

  • Pori pori semakin terbuka bertambah besar
    Air hangat yang menyirami kulit, akan membuat pori pori kulit di sekitarnya menjadi terbuka. Jika hal ini dibiarkan, maka akan memudahkan berbagai bakteri dan mikroba untuk memasukinya dan menyebabkan penyakit kulit seperti komedo, jerawat, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, aktivitas mandi menggunakan air hangat sebaiknya diakhiri dengan mendinginkannya dengan air biasa.

  • Mengurangi tingkat kualitas sperma
    Bagi pria, mandi air hangat terlalu sering bisa berdampak negatif terhadap produksi sperma yang dimiliki, yaitu sperma yang dihasilkan kurang berkualitas. Hal ini terjadi karena saat berendam atau mandi air hangat, testis akan mendapatkan rasa hangat yang akan menghambat produksinya karena menurut penelitia sperma hanya akan lebih berproduksi lebih baik pada lingkungan yang dingin.

  • Berbahaya untuk janin
    Ada sebuah pertanyaan yang muncul, yaitu “Apakah mandi air hangat berbahaya untuk ibu hamil?” Jawabannya adalah tidak berbahaya kalau pengaturan suhunya tepat. Apabila suhu air yang digunakan untuk mandi terlalu panas bisa menghambat pertumbuhan janin dalam kandungan yang memungkinkan terjadinya cacat atau gangguan pertumbuhan janin lainnya.

Itulah 3 hal yang bisa Anda jadikan bahan pertimbangan tentang pertanyaan “apakah mandi air hangat berbahaya?”. Semoga apa yang disampaikan membuka wawasan kita lebih luas lagi.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document