Apa Beda Nutrisi Pada Protein Hewani dengan Protein Nabati

Protein merupakan salah satu jenis nutrisi makanan yang memiliki berbagai macam jenis dan kegunakan. Secara umum fungsi protein bagi tubuh adalah memperbaiki kerusakan sel serta berguna pada proses reduplikasi, sehingga jaringan tubuh mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Pada dasarnya pemenuhan asupan protein bagi tubuh berasal dari protein hewani dan protein nabati. Namun demikian, masih banyak yang belum memahami apa beda nutrisi pada protein hewani dengan protein nabati.

Data dan fakta

Sebelum memahami apa beda nutrisi pada protein hewani dengan protein nabati, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu berbagai data dan fakta mengenai protein hewani dan protein nabati yang diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  1. Asal. Protein hewani merupakan asupan nutrisi protein yang berasal dari konsumsi hewan atau produk olahannya. Contoh protein hewani antara lain ikan, unggas, daging serta produk olahannya yang berupa keju, telur dan susu. Protein nabati merupakan asupan nutrisi protein yang berasal dari konsumsi tanaman atau berbagai jenis olahannya. Contoh protein nabati antara lain sayuran, padi-padian dan polong-polongan serta produk olahannya seperti tahu, tempe ataupun susu kedelai.
  2. Kandungan. Protein hewani merupakan protein lengkap, yaitu protein yang mengandung semua jenis asam amino esensial yang berumlah sembilan buah. Asam amino esensial adalah asam amino yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga pemenuhan asupannya berasal dari konsumsi makanan atau minuman. Protein nabati merupakan protein yang tidak lengkap, yaitu protein yang hanya mengandung beberapa asam amino esensial, sehingga untuk melengkapi kandungan asam amino esensial dilakukan dengan cara konsumsi beberapa jenis sumber makanan nabati secara bersamaan.
  3. Sifat. Sebagian besar protein hewani merupakan ikatan asam amino dengan rantai panjang, sedangkan protein nabati sebagian besar merupakan ikatan asam amino dengan rantai pendek, sehingga protein hewani akan lebih mudah dicerna oleh tubuh dibandingkan dengan protein nabati.

Berdasarkan data dan fakta mengenai protein hewani dan protein nabati sebagaimana disebutkan di atas, kiranya cukup mewakili jawaban dari pertanyaan apa beda nutrisi pada protein hewani dengan protein nabati. Namun demikian, pemenuhan asupan nutrisi protein harian jauh lebih penting daripada memperdebatkan perbedaan protein hewani dengan protein nabati.

Semoga bermanfaat.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document