Anak Anda Susah Makan?

 

Anak susah makan adalah masalah klasik yang dialami oleh hampir seluruh orang tua di dunia ini. Bahkan, bagi sebagian orang tua, terutama Ibu, hal ini adalah masalah besar karena mereka khawatir anak akan kekurangan gizi/ nutrisi yang berdampak buruk pada pertumbuhan dan perkembangannya.

Nah, apakah Anda juga termasukĀ  yang mengalami masalah anak sulit makan? jika iya, cobalah untuk melakukan beberapa hal sebagai berikut:

1. Variasikan menu makanan

Anak akan mudah bosan dan jenuh apabila diberikan makanan yang itu-itu saja. Oleh karenanya, sangat penting untuk memberikan menu makan yang bervariasi, misal saat makan pagi, menu yang disiapkan adalah roti, susu, sayur bayam dan telur. Menu makan siang: nasi sayur dan tempe, makan malam: nasi sayur dan ikan. Jangan lupa menyiapkan buah-buahan yang sangat penting untuk kecukupan nutrisinya. Seandainya sangat sulit untuk memvariasikan menu makan setiap waktu makan, maka bisa saja memvariasikannya setiap hari. Tetapi jika meski merepotkan tapi sangat membantu, tentulah Anda akan tetap melakukanya bukan? :)

Untuk mendapatkan informasi tentang menu makanan tepat seimbang yang bisa dipilih, Anda bisa mencoba berkonsultasi dengan ahli gizi, bidan, ataupun browser di internet.

2. Bentuk makanan semenarik mungkin

Anak biasanya tertarik dengan hal hal yang terlihat menarik dan indah dalam pandangannya. Nah, agar anak tertarik untuk melahap makanannya cobalah untuk menyulap makanan sehingga menjadi bentuk-bentuk yang menarik. Hal sederhana yang dapat dilakukan adalah mencetak nasi dengan bentuk panda, beruang atau yang lainnya. Menyusun lauk pauk sedemikian sehingga tampak cantik.

Mengenai ide untuk membentuk makanan ini, ada banyak referensi yang bisa dimanfaatkan, seperti majalah, internet, maupun acara di televisi.

3. Ciptakan suasana yang menyenangkan

Hindari memaksa anak makan dengan mengancam, memarahi atau menakut-nakuti anak saat makan, walaupun tujuannya adalah agar anak dapat menghabiskan porsi makannya. Jika hal tersebut dilakukan, anak akan malah sangat membenci waktu makan. Menemani anak makan dengan sesekali berbincang tentang manfaat, asal usul, warna makanan, dan lain-lain mungkin dapat membantu menciptakan suasana yang menyenangkan. intinya adalah tetaplah menjaga komunikasi yang baik saat makan. Pun ketika anak tetap menolak untuk makan, bujukĀ  dan rayulah dengan penuh kesabaran.

4. Disiplinkan waktu makan

Hal ini akan membuat anak terbaisa dengan jam makannya. Ia akan terpanggil untuk makan dengan sendirinya ketika jam makan tiba.

5. Beri cemilan sehat

Berikan cemilan jauh sebelum waktu makan. Hal ini dilakukan agar saat waktu makan tiba, anak tidak terlalu kenyang , sehingga dapat menyantap makanan utama dengan cukup banyak. Cemilan sehat yang dapat Anda berikan seperti buah-buahan, es krim, pudding, agar, dan lain-lain. Hindari makanan tidak sehat seperti jajanan yang banyak mengandung MSG, pengawet, dan pewarna. Selain tidak baik, makanan tersebut juga dapat mengurangi nafsu makan.

6. Libatkan anak saat menyiapkan makanan

Dengan melibatkan anak saat menyiapkan makanan, diharapkan anak akan lebih antusias untuk menyantap hasil karya atau kerja nya sendiri.

7. Berikan suplemen

Jka dibutuhkan, Anda dapat memberikan suplemen penambah nafsu makan, yang bisa Anda dapatkan dengan mudah di Apotek.

Demikian, Semoga bermanfaat dan selamat mencoba…

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document