Amankah Mengkonsumsi Ikan Bagi Penderita Asam Urat?

Asam urat merupakan sebuah penyakit yang memiliki banyak pantangan dalam hal makanan, dan salah satu pertanyaan yang banyak timbul mengenai hal ini adalah Amankah Mengkonsumsi Ikan Bagi Penderita Asam Urat? Pertanyaan ini sering membingungkan karena sebagian orang menjawab aman dan sebagian lagi menjawab tidak aman hingga menu ikan benar-benar ditiadakan dari pengaturan makanan bagi penderita asam urat. Mengatur makanan untuk penderita asam urat memang harus mengikuti beberapa aturan pantangan makanan dan juga makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi.

 

Penyakit Asam Urat

Penyakit asam urat umumnya menyerang kelompok jenis kelamin pria pada usia 40 tahun ke atas. Pada kelompok jenis kelamin wanita, penyakit asam urat biasanya menyerang kelompok usia menopause. Yang dimaksud dengan penyakit asam urat ini sebenarnya adalah kondisi dimana kadar asam urat sudah melebihi batas normal. Pada pria, batas normal kadar asam urat di dalam darah adalah 3.0 sampai 7, sedangkan batas normal untuk wanita adalah 2.4 sampai 6. Asam urat, atau dikenal juga dengan istilah uric acid, merupakan hasil metabolisme dari zat purin. Secara alami  zat purin sebenarnya diproduksi oleh tubuh manusia. Kadar zat purin dalam tubuh bisa meningkat saat makanan yang mengandung zat purin dikonsumsi. Beberapa makanan mengandung kadar zat purin yang tinggi dan hal ini bisa menyulitkan tubuh dalam proses pembuangan sisanya. Dari sinilah kemudian muncul kondisi dimana terjadi penumpukan asam urat. Kristal-kristal asam urat menumpuk di rongga-rongga persendian hingga menimbulkan kesemutan, rasa sakit, bahkan peradangan dan pembengkakan.

 

Makanan Pantangan Bagi Penderita Asam Urat

Mengingat kadar purin di dalam tubuh harus selalu terjaga agar tidak melewati batas normal, maka bagi penderita asam urat, makanan-makanan yang mengandung zat purin dengan kadar yang tinggi menjadi pantangan. Salah satunya adalah makanan yang dikemas dalam kemasan kaleng seperti sarden dan makarel. Selain itu, makanan yang merupakan hasil fermentasi seperti tape juga merupakan pantangan bagi penderita asam urat. Makanan dan minuman dengan kandungan alkoholpun termasuk makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat, seperti halnya bir, wiski, dan juga anggur. Hasil olahan dari kacang-kacangan, seperti halnya oncom, emping, dan juga melinjo mengandung kadar zat purin yang tinggi, maka dari itu tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat. Makan pantangan lainnya adalah jeroan, usus, otak, paru, dan sejenisnya. Seafood seperti kerang dan udang juga mengandung zat purin tinggi seperti halnya daging bebek, daging angsa, dan juga kaldu daging.

 

Amankah Mengkonsumsi Ikan Bagi Penderita Asam Urat?

Bagaimana dengan ikan? Apakah ikan boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat? Jawabannya tergantung dari jenis ikan apa yang dimaksud. Ikan Salmon dan ikan Hering termasuk jenis ikan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat. Jenis-jenis ikan seperti tongkol, bandeng, tenggiri, dan bawal masih boleh dikonsumsi asal tidak lebih dari 50 gr per hari. Jadi, Amankah Mengkonsumsi Ikan Bagi Penderita Asam Urat? Jawabannya adalah aman-aman saja. Penderita asam urat masih bisa menikmati hidangan dari ikan sepanjang ikan yang dikonsumsi adalah tongkol, bandeng, bawal, dan tenggiri, dan takarannya tidak lebih dari 50 gr per harinya.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document