7 Tips Menjaga Komunikasi dengan Pasangan

Komunikasi adalah salah satu jalan untuk menjaga keharmonisan hubungan dengan pasangan. Tanpa adanya komunikasi, sebuah hubungan tidak akan berjalan baik. Pastikan Anda dan pasangan berbicara satu sama lain. Ada kalanya terjadi miskomunikasi atau terjadi salah pengertian atas apa yang diucapkan. Sebaiknya Anda tidak perlu emosi dalam menghadapi sebuah miskomunikasi atau salah pengertian. Jelaskanlah maksud yang ingin disampaikan dengan kepala dingin. 7 tips menjaga komunikasi dengan pasangan di bawah ini diharapkan dapat membantu bagi pasangan yang mempunyai masalah dengan komunikasi.

Berikut adalah 7 tips menjaga komunikasi dengan pasangan agar hubungan tetap harmonis:

  1. Berhenti (diam) dan mendengarkan. Jika Anda menyadari bahwa Anda terlalu dominan dalam berkomunikasi, cobalah untuk berhenti dan mulai mendengarkan pasangan Anda.
  2. Terbuka dan jujur pada pasangan.
  3. Perhatikan sinyal nonverbal. Sinyal nonverbal adalah bahasa tubuh. Setiap mulut berbicara, tubuh pun ikut memberikan sinyal-sinyal yang mengisaratkan sesuatu. Kita harus dapat menangkap bahasa tubuh tersebut.
  4. Meminimasi emosi ketika berbicara tentang sesuatu yang penting atau keputusan besar.
  5. Sisipkan humor dalam setiap komunikasi. Agar komunikasi tidak terkesan monoton atau “garing”, Anda harus dapat mengemasnya dengan humor-humor yang up to date.
  6. Komunikasi tidak hanya sekedar bicara face to face. Jaman sekarang ini sudah menjadi jaman internet. Komunikasi pun dapat dilakukan di dunia internet. Jika Anda dan pasangan aktif di jejaring sosial, tidak ada salahnya untuk mengirimkan pesan-pesan (yang mungkin mesra, jika pasangan menyukainya) via jejaring sosial yang diikuti.
  7. Tetap fokus dan siap untuk berargumen. Terkadang diskusi akan berubah menjadi sebuah argumen dan dapat melebar ke mana-mana. Anda harus dapat memfokuskan topik pembicaraan dan jangan memberi ijin untuk memperlebar topik jika topik yang satu belum selesai. Dalam berdiskusi tentunya kita harus siap dalam menerima suatu argumen. Karena pendapat yang kita lontarkan tidak selalu benar. Kita pun harus berlapang dada menerima argumen dari pasangan kita.

Dengan membaca 7 tips menjaga komunikasi dengan pasangan di atas, semoga dapat memberikan masukan untuk pasangan yang hubungannya tersandung masalah komunikasi.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document