4 Cara Tetap Positif Saat Kehilangan Pekerjaan

Dalam situasi ekonomi sekarang mendapatkan pendapatan yang tetap adalah hal yang sulit untuk dilakukan.  Dan sulit untuk memperkirakan apa yang terjadi pada karir Anda dalam beberapa tahun ke depan. Menganggur bisa menjadi semacam penyakit yang sangat membahayakan kesehatan, status ekonomi dan hubungan sosial.

Kehilangan pekerjaan menghadapkan Anda dengan beberapa tantangan seperti kehilangan pendapatan, identitas profesional, kepercayaan diri dan lain sebagainya. Karena itu, ada banyak pertanyaan yang harus Anda jawab, bagaimana mengatur keuangan, kapan dan bagaimana Anda mendapatkan pekerjaan yang lain, bagaimana Anda mendukung keluarga, dan lain-lain.

Hal terberat dari kehilangan pekerjaan adalah memanajemen sikap positif. Wajar jika Anda merasa sakit hati, sedih, atau marah saat Anda kehilangan pekerjaan. Tetapi kabar baiknya adalah ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk mengontrol diri Anda dan situasi di sekitar Anda. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda menjaga semangat berjuang dari emosi atas kehilangan itu.

  1.  Menerima kenyataan
    Adalah hal yang sulit untuk menerima kenyataan bahwa Anda kehilangan pekerjaan. Nanum penting bagi Anda untuk menerima hal tersebut. Bagaimana caranya? Cobalah untuk bercerita  kepada orang terdekat/keluarga Anda tentang kondisi Anda. Minta mereka untuk tetap mendukung Anda dan memberikan semangat secara penuh. Ketika Anda mendapatkan dukungan maka Anda akan lebih bisa menerima kenyataan. Berdamai dengan kenyataan lebih baik daripada hanya meratapi keadaan.
  2. Tatap masa depan Anda, bukan masa lalu
    Jangan biarkan diri Anda larut dalam kesedihan atau rasa putus asa yang berlebihan. Hidup Anda terus berjalan bukan? Jika Anda merasa membutuhkan waktu untuk istirahat dan mengupgrade semangat Anda maka lakukan. Manfaatkan waktu ini untuk merencanakan masa depan Anda, mencari pekerjaan yang cocok untuk Anda.
  3.  Bepergian dengan orang-orang yang bekerja dan berpikir positif
    Sesekali Anda perlu untuk bepergian dengan orang-orang yang masih bekerja yang berpikiran positif tentang hidup dan juga Anda. Mendengar pikiran positif mereka, akan mempengaruhi pola pikir Anda juga.  Sehingga Anda juga akan bersikap positif memandang keadaan Anda.
  4.  Selalu ada hikmah dalam setiap peristiwa
    Kehilangan pekerjaan tidak selamanya berdampak negatif. Cobalah menggali lebih dalam tentang kondisi Anda. Ketika Anda menjadi seorang pengangguran, mungkin Anda jadi punya waktu lebih banyak untuk keluarga. Dan mungkin juga Anda bisa mulai memikirkan bisnis impian Anda. Pasti ada hikmah dari hal ini.

Jadi, kesimpulannya adalah kehilangan pekerjaan tidak harus menjadikan Anda seseorang yang frustasi. Yang perlu Anda lakukan adalah fokus tentang apa yang akan Anda lakukan selanjutnya.

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
// JavaScript Document